Peras Keringat Sambut Maba 2019

0
34

Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terdiri atas gedung perkuliahan dan gedung laboratorium terpadu. Gedung laboratorium terpadu terletak di sebelah utara gedung perkuliahan. Bangunan yang dekat dengan hamparan sawah ini sedang diselesaikan pembangunannya oleh para tukang. Tukang mulai menggarap ruang yang berada di lantai tujuh sejak Senin (2-9-2019). Mereka menggarap bersamaan dengan pembukaan kegiatan Program Pengenalan Kampus (P2K).

Sunadi, salah satu nama tukang, mengungkapkan ia bekerja mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Satu ruangan digarap oleh empat tukang. Kalau lembur bisa sampai pukul 22.00 WIB. Ia menjalani pekerjaan ini dengan senang karena demi anak dan istri di rumah. Mereka ditargetkan oleh pemborong menyelesaikan tiga ruangan selama sepuluh hari. Penyelesaian tersebut menyambut perkuliahan mahasiswa baru.

Agar selesai sesuai target, pekerja asal Wonosari ini terpaksa beberapa hari tak seatap dengan keluarganya. Ia dan pekerja lainnya menginap di kontrakan daerah Gondokusuman.

Bapak satu anak itu menjelaskan, “Pemasangan material di tembok sampai tahap terakhir, yaitu cat yang kini kami garap. Dindingnya dilapisi gipsum agar orang bicara di dalam tidak tembus ke luar. Ruangan didesain kedap suara.”

Ramahnya warga kampus membuat kerja mereka nyaman, semangat, dan lancar tanpa kendala. Tujuan mereka memeras keringat tentu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Khususnya Sunadi membiayai anak yang masih sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“UAD sangat membantu dan memberi lapangan pekerjaan bagi warga sekitar Yogyakarta. Semoga UAD memberi pekerjaan terus. Terima kasih kepada pihak kampus yang sudah memberi pekerjaan kepada kami,” ucapnya saat ditemui di Kampus Utama UAD pada 6-9-19. (Dew)