Perkuat Visi Misi, Dosen PGSD UAD Adakan Kunjungan Ke Sekolah Dasar

0
109

 

Sabtu (4/5/2013), dosen-dosen PGSD Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kunjungan ke SD N Ungaran 1 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Condong Catur. Sekitar 9 dosen yang ikut dalam acara kunjungan tersebut. Kunjungan yang dipimpin oleh Ibu Dra. Sri Tutur Martaningsih, M. Pd selaku Kaprodi PGSD bertujuan mempererat tali silaturahim dan menambah wawasan dosen-dosen PGSD sebagai sarana untuk membekali mahasiswa segala hal yang berkaitan dengan sekolah dasar, baik proses pembelajarannya, kebijakan sekolah, maupun kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang prestasi di sekolah dasar.

Kunjungan pertama dilakukan di SD N Ungaran 1 Yogyakarta. SD yang terletak di daerah Kota Baru ini memang patut diacungi jempol. Tampak dari luar SD N Ungaran sama sekali tidak mirip seperti sebuah sekolah, melainkan seperti sebuah rumah nan asri yang dipenuhi dengan tanaman dan pepohonan. SD N Ungaran 1 Yogyakarta adalah sekolah teladan dalam hal lingkungan hidup, jadi pantas saja sekolah ini selalu mendapatkan penghargaan SEKOLAH ADIWIYATA.

“Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk menghirup udara dengan gratis oleh Allah SWT. Bayangkan saja betapa banyaknya orang yang harus menghabiskan banyak uang hanya untuk bisa bernafas! Jadi marilah kita selalu menjaga lingkungan agar senantiasa sehat.” Begitulah kata-kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak Kuswandi (Kepala Sekolah SD N Ungaran). Uniknya SD ini memiliki ruangan khusus yaitu ruang pendidikan lingkungan hidup. Para dosen diberi kesempatan untuk masuk, melihat, dan mencoba hasil karya siswa yang terbuat dari sampah. Luar biasa! Dengan berkunjung ke SD ini harapannya para dosen bisa menimba ilmu dalam rangka mewujudkan salah satu visi misi prodi PGSD yaitu menyiapkan calon pendidik peduli pada lingkungan.

Setelah melakukan kunjungan di SD N Ungaran, rombongan bergegas menuju SD Muh. Condong Catur yang memang sudah seperti saudara sendiri. SD yang berdiri kokoh ini tidak kalah hebatnya dengan sekolah dasar yang lain. SD ini terkenal dengan segudang prestasi, jadi tidak heran jika berlangganan memenangkan Olimpiade Nasional. Keunggulan lain yang dimiliki oleh sekolah ini adalah adanya pengembangan intranet untuk kegiatan pembelajaran. Segala kekayaan pembelajaran yang ada seperti silabus, RPP, tugas-tugas, foto kegiatan, video pembelajaran, hasil karya siswa, dan sebagainya sudah didigitalisasi dan bisa diakses oleh siapapun.

Ada satu hal lagi yang patut dicontoh dari kebiasaan yang diterapkan di SD Muh. Condong Catur. “Jika guru di SD lain biasanya datang ke sekolah tepat pukul 07.00, di SD kami guru-guru harus sudah datang di sekolah pukul 06.20. Alasannya sederhana, kami hanya ingin menyambut anak-anak datang ke sekolah dengan senyum dan keramahtamaan” tutur Kepala Sekolah SD Muh. CC, Bapak Yudi Wardana.

Dengan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, harapannya prodi PGSD akan semakin percaya diri, semakin meningkatkan kualitas, dan selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan. Sesuai dengan visi misi Prodi PGSD UAD yaitu menyiapkan calon pendidik yang tidak hanya berkompeten dalam kemampuan akademik saja, namun pendidik yang berkarakter, peduli lingkungan, menguasai riset dan teknologi, memiliki wawasan global, dan berdasar nilai-nilai keislaman. (AMU)