Polres Bantul Adakan Kampanye Tertib Berlalu Lintas di Closing P2K UAD

0
72

Closing Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diadakan di halaman Kampus Utama, menjadi acara terakhir dari rangkaian P2K UAD 2019. Acara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain hiburan dan penampilan, panitia juga bekerja sama dengan Polres Bantul dalam rangka Kampanye Tertib Berlalu Lintas.

“Kami mahasiswa-mahasiswi UAD siap menjadi pelopor berlalu lintas. Setop pelanggaran, setop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” begitulah deklarasi Kampanye Tertib Berlalu Lintas yang dipandu oleh AKP Cerryn Nova selaku Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Bantul dengan diikuti seluruh mahasiswa baru (maba) pada Sabtu (7-9-2019).

Selama ini, kecelakaan berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi. Terlebih, 50% angka kecelakaan yang dijumpai di seluruh Indonesia berasal dari kaum milenial usia 15−35 tahun. Kampanye tertib lalu lintas ini tidak hanya diadakan di UAD saja, melainkan di universitas dan sekolah lainnya. Tujuannya untuk menekan jumlah kecelakaan yang ada.

Polres Bantul membagikan helm secara cuma-cuma bagi maba yang berulang tahun pada 7 September dan maba yang dapat menjawab pertanyaan dari Polres Bantul. Selain itu, kampanye ini menjadi ajang sosialisasi agar mahasiswa tertib berkendara dengan melengkapi surat-surat, mematuhi lalu lintas, serta pembuatan SIM yang bisa di akses secara online.

“Tertib berlalu lintas akan muncul pada diri sendiri sehingga kecelakaan lalu lintas tidak ada,” kata AKP Cerryn Nova saat ditemui seusai mengisi acara. (Chk).