Puncak KKN UAD Adakan Jalan Sehat dan Pameran UMKM

0
101

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan jalan sehat yang diikuti 1.500 peserta dan pameran 30 stand produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) se-kecamatan Semanu dari desa Candirejo dan Dadapayu. Acara yang berlangsung Minggu, 23 Februari 2020 tersebut merupakan acara puncak KKN.

Produk yang dipamerkan merupakan hasil pelatihan KKN dan memanfaatkan sumber daya alam Gunungkidul seperti eggroll, gethuk, thiwul, puding jagung, peyek, emping, cemplon, puli, emple, dan tempe benguk. “Semoga silaturahmi antarpedukuhan dan mahasiswa KKN bisa terus berjalan. Kami berharap gelar produk UMKM bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di kecamatan Semanu,” ucap Reggy Wulan Apriansyah, koordinator KKN Kecamatan.

Senam bersama KKN UAD

Dra. Sudarmini, M.Pd., selaku dosen koordinator lapangan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memfasilitasi mahasiswa KKN. Ia berharap kerja sama antara UAD dan pihak kecamatan atau desa tidak berhenti dan potensi destinasi wisata yang ada bisa dipromosikan oleh mahasiswa.

“Program KKN UAD sangat luar biasa, bisa menggerakkan masyarakat dua desa yaitu Dadapayu dan Candirejo. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak kampus UAD dan mahasiswa KKN. KKN UAD berbeda dengan kampus lain, masyarakat dilatih secara langsung untuk membuat makanan olahan yang bisa meningkatkan pendapatan ekonomi warga. Ilmu, wawasan, dan keterampilan oleh mahasiswa KKN UAD harus dikembangkan dan dilanjutkan. Kami berharap kerja sama dengan UAD masih berlanjut dan mengalokasikan kegiatan KKN di kecamatan Semanu tahun depan,” ujar Huntoro Purbo Wagono, S.H. selaku Kepala Camat Semanu. (JM)