RDK di Tengah Pandemi, UAD Tetap Peduli

550

Ramadan di Kampus (RDK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2020 berbeda pelaksanaan dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini RDK UAD berlangsung di tengah wabah pandemi corona. Biasanya, RDK dipenuhsesaki mahasiswa maupun masyarakat sekitar untuk sekadar jalan-jalan sore atau mencari takjil berbuka puasa.

Dari keterangan Dr. Nur Kholis, M. Ag. selaku ketua RDK UAD, kegiatan ini memang berbeda. “Ada beberapa kegiatan tahun lalu yang ditiadakan pada tahun ini karena memang tidak memungkinkan. Di antaranya salat tarawih, haflah qari, berbagai perlombaan, dan i’tikaf,” ungkapnya.

Sementara kegiatan lainnya masih berjalan hanya saja dengan teknis pelaksanaan yang berbeda. Kegiatan tersebut antara lain pemberian makanan berbuka puasa untuk mahasiswa UAD yang masih di Yogyakarta sejumlah 400 porsi setiap sore. Makanan diambil oleh mereka dan langsung pulang. Setiap hari selama puasa, mahasiswa bisa mengambil sejak pukul 16.30-17.15 WIB.

Panitia RDK UAD 2020 saat melayani pengambilan takjil di kompleks Masjid Islamic Center UAD.

“Ini merupakan wujud kepedulian UAD kepada para mahasiswanya yang tidak banyak dilakukan oleh kampus lain. UAD tetap memerhatikan mahasiswa meskipun di tengah pandemi corona,” terang Nur Cholis.

Kegiatan lain yang masih berlangsung yakni kajian jelang buka melalui kanal YouTube, Instagram, dan Facebook Takmir Masjid Islamic Center UAD. Kemudian ada juga Siraman Rohani Malam Ramadan (Salam Ramadan) melalui kanal yang sama. Dari berbagai kegiatan tersebut, yang juga masih dipertahankan adalah santunan bagi 1.000 yatim dhu’afa.

“Berbagai kegiatan RDK UAD semua pelaksanaannya mengikuti standar operasional penanganan Covid-19 yang baku. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus tersebut,” ungkapnya ketika diwawancarai melalui saluran daring, Jumat (1/5/2020).

Dikatakan Nur Cholis, antusias jemaah dan yang mengikuti kajian masih bagus. Kajian malam pertama disampaikan oleh Rektor UAD Dr. Muchlas, M. T. Sementara untuk takjil atau hidangan berbuka, mahasiswa sangat antusias mengambil dengan mengikuti arahan yang berlaku.

Pelaksanaan RDK UAD tahun 2020 merupakan komitmen UAD untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya dan jemaah. Kegiatan RDK ini didanai penuh 100 persen oleh UAD. Selain kegiatan RDK, UAD juga turut aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena imbas pandemi corona. (ard)