Sastra Indonesia Adakan Kuliah Umum Linguistik di Era Digital

0
37

Program Studi Sastra Indonesia (Sasindo) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kuliah umum dengan tema “Linguistik di Era Digital” dengan pembicara Prof. Dr. I Dewa Putu Wijaya, S.U., M.A. Acara ini bertempat di Aula Islami Center Kampus Utama. Kuliah umum menjadi agenda rutin yang diadakan oleh Sasindo di setiap semesternya. Narasumber yang didatangkan biasanya profesor maupun guru besar dari universitas ternama.

Linguistik di era digital dipilih sebagai topik pada kuliah umum kali ini karena sekarang serba digital dan kajian ilmu linguistik harus mengikuti zaman. Seperti yang dikatakan oleh Prof. Putu bahwa linguistik akan selalu relevan di setiap zaman, sehingga dapat digali isu-isu yang bisa diangkat untuk penelitian. Jika sastra di era digital dikenal dengan istilah sastra cyber, maka linguistik berkembang dengan bahasa slang yang menjadi ragam bahasa.

Sementara itu, Intan Rawit Sapanti, S.Pd., M.A. selaku Kepala Program Studi Sasindo mengutarakan tujuan dari kuliah umum ini untuk memberikan pandangan dan wawasan baru bagi semester satu. Selain itu memberikan pengetahuan dasar mengenai linguistik, sehingga mahasiswa baru maupun mahasiswa semester atas memiliki wawasan baru tentang linguistik.

“Mahasiswa mendapatkan semangat, motivasi, dan pengetahuan baru tentang linguistik. Harapannya, mahasiswa dapat lebih mencintai dan mau belajar lebih luas mengenai linguistik sehingga mereka memperoleh motivasi belajar serta menemukan pandangan dalam penulisan skripsi, paper, dan penelitian lainnya,” tutup Intan pada Jumat (27-9-2019). (Chk)