Temu Alumni FMIPA: Tunjukkan Bakti Ke Masyarakat

0
132

Pada hari Ahad (7 Juli 2013) temu alumni akbar Keluarga Alumni MIPA Universitas Ahmad Dahlan (KAMIDA). Dengan adanya temu alumni tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan ukhuwah dan silaturahim antar alumni dan antara alumni dengan UAD.  Selain itu, acara tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk tracer study yaitu mengetahui keberadaan alumni saat ini. Dari penelusuran ini akan terlihat outcome dari lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sehingga data tersebut bisa digunakan sebagai bahan evaluasi kurikulum dan proses pembelajaran di Fakultas MIPA.

Tracer study di sebuah perguruan tinggi adalah hal yang wajib dilakukan. Tracer study atau penelusuran jejak alumni memegang peran yang sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kiprah para alumni di dunia kerja. Adanya tracer study ini penting untuk memastikan akurasi dari keterserapan lulusan pada bidang yang sesuai dengan kompetensi yang telah diperoleh di bangku kuliah.

Keterserapan lulusan di bidang yang sesuai dengan kompetensinya dapat memberikan jaminan bahwa kurikulum dan proses pembelajaran di bangku kuliah sudah sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk  pengendalian mutu dari lulusan (FMIPA). Sebagaimana dijelaskan Bagus Haryadi, S.Si., M.T. selaku Ketua panitia temu alumni MIPA sekaligus Ketua KAMIDA bahwa seiring dengan perkembangan jaman dan ketatnya persaingan global dalam dunia kerja maka Fakultas MIPA harus mampu untuk meningkatkan mutu lulusannya sehingga benar-benar sesuai dengan visi misi yang dicanangkan oleh Fakultas MIPA.

FMIPA yang terdiri dari 4 program studi yaitu Fisika Melins (Metrologi, Elektronika dan Instrumentasi), Sistem Informasi, Matematika dan Biologi sejak awal sudah membekali mahasiswa dengan ilmu dan ketrampilan bidang sains dan komputer sehingga lulusannya diharapkan akan siap bersaing mengisi kebutuhan pasar kerja bidang tersebut baik di dunia industri, pemerintah atau swasta baik menjadi praktisi atau tenaga profesional.

Kegiatan temu alumni ini mengambil tema bhakti alumni MIPA untuk UAD dan masyarakat. Adapun rangkaian acara yang dilakukan pada temu alumni kali ini, selain sarasehan alumni juga dilaksanakan kerja bhakti alumni untuk membersihkan lingkungan di sepanjang jalan depan kampus 3. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan bazar sembako bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kampus 3 UAD.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wujud nyata bagi keinginan para alumni untuk tetap menyatu dengan almamater dan juga masyarakat sekitar yang telah membantu para alumni melewati hari-hari penting dalam perjalanan hidupnya di masa yang lalu. Hal ini juga menunjukkan bhakti para alumni bagi UAD khususnya dan masyarakat sekitarnya.