Tiga Mahasiswi Teknik Kimia Lakukan Penelitian di Jerman

280

Penelitian menjadi kegiatan penunjang di setiap perguruan tinggi. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya kegiatan penelitian baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa. Terlebih keberhasilan dalam bidang penelitian mampu meningkatkan nilai akreditasi institusi.

Program Studi Teknik Kimia UAD untuk pertama kalinya mengirimkan tiga mahasiswa ke Jerman dalam rangka research collaboration dengan tiga universitas sekaligus yaitu Flensbrug University, Technische Universitat Berlin, dan Leipzig University. Mar’atul Husna, Tifanny Rizka Ariandi, dan Lia Septianingsih menjadi mahasiswa yang berkesempatan melakukan penelitian selama dua puluh hari di tiga universitas di Jerman.

Dr. Erna Astuti, S.T., M.T., IPM. selaku Kepala Program Studi Teknik Kimia beserta staf Prodi dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) mengadakan acara pelepasan mahasiswa yang akan melakukan penelitian di Ruang Sidang Teknik Kimia Kampus Utama UAD pada Jumat (6-12-2019). Program penelitian ini menjadi yang pertama kalinya diselenggarakan oleh pihak prodi yang bekerja sama dengan tiga universitas di Jerman. Ketiga mahasiswa tersebut telah melewati serangkaian seleksi mulai dari tahap berkas hingga tahap wawancara.

Penelitian dan konferensi menjadi kegiatan yang akan dilakukan mulai dari tanggal 9–28 Desember 2019 di ketiga universitas tersebut. Tujuannya untuk memperluas jejaring (network) penelitian mahasiswa UAD dengan Flensburg University, Technische Universitat Berlin, dan Leipzig University (Germany), serta sesama ilmuwan sebidang di Jerman sehingga akan tercipta pemanfaatan sumber daya dan sarana bersama antarlembaga secara berkesinambungan. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa UAD di bidang penelitian untuk bekerja sama dengan Flensburg University, Technische Universitat Berlin, dan Leipzig University (Germany). Lebih lanjut lagi untuk meningkatkan pengakuan internasional (international recognition) bagi penelitian yang dilakukan, serta meningkatkan mutu penelitian mahasiswa UAD dan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah internasional bereputasi.

“Semoga hasil dari research collaboration ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia dan mahasiswa memiliki potensi besar di masa depan, terutama dalam meningkatkan kemampuan di bidang penelitian,” pesan Mar’atul Husna saat di hubungi melalui WhatsApp. (Chk)