Tim Kesehatan: Yang Sakit Bilang, Ya!

0
62

Pada kegiatan Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), memiliki tim kesehatan yang sangat mumpuni di bidangnya. Tim tersebut terdiri atas gabungan anggota Pramuka UAD dan Korps Sukarela (KSR) UAD. Selain bertanya langsung kepada pasien, mereka juga menggunakan kertas yang ditulis “Yang Sakit Bilang, Ya!”. Kertas itu biasanya dipegang oleh beberapa panitia. Tujuannya supaya mahasiswa baru (maba) tidak sungkan ketika sudah merasa tidak enak badan sehingga langsung menghubungi panitia.

Selain kertas itu, tim kesehatan juga menggunakan pita dua warna untuk membedakan pasiennya. Tahun ini memakai warna merah dan kuning.

Tri Mulyani selaku tim kesehatan menjelaskan, “Sebenarnya ada empat pita yaitu merah, kuning, hijau, dan hitam. Merah luka berat, mengganggu pernapasan, pendarahan, dan patah tulang bisa mengancam jiwa penolong, temannya, maupun korban. Kuning bisa mengancam jiwa yang lebih pada luka ringan, seperti mag. Kalau hijau luka ringan seperti lecet, yang pasien bisa menanganinya sendiri. Kalau yang kuning itu ringan. Hitam, artinya korban sudah tidak bisa ditolong lagi dan dikatakan bisa meninggal.”

Tim kesehatan tersebar di masing-masing kampus tergantung kapasitas kebutuhan tiap kampus. Dukungan Dr. Dedi Pramono, M. Hum. turut membuat semangat tim kesehatan dalam menjalankan tugas. Ia melakukan kunjungan ke sekretariat tim kesehatan panitia pusat sejak hari pertama, 2 September 2019. Ia menanyakan kesiapan tim kesehatan dan kontrol kekurangannya apa saja. Selain itu, juga memberi masukan dan semangat untuk menjaga kondisi jangan sampai tumbang.

“Karena kami di sini kerja sama, jangan sampai ada rasa gengsi. Jangan sampai full power ketika sudah tidak kuat. Ini untuk menghindari penolong yang malah harus ditolong. Pola makan harus diatur karena setelah tugas masih ada evaluasi sampai pukul sepuluh malam. Ditambah, dropping barang bisa sampai pukul sebelas malam. Kendala selama bertugas masih bisa teratasi,” ujar Tri selaku Koordinator Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat KSR, di sekretariat tim kesehatan pusat, Kampus V UAD. (Dew)