UAD Adakan International Seminar 2019 sebagai wujud Internationalization

0
128

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) bekerja sama dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk pertama kalinya menyelenggarakan international seminar di Amphitarium Kampus Utama. International seminar merupakan rangkaian dari kegiatan International Event.

UAD International Seminar mengangkat tema “International Seminar on Cross Cultural Understanding: Developing Human Resources to Face the Industrial Revolution 4.0” dibuka oleh Dr. Abdul Fadlil, M.T. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. “Kegiatan internasional sangat diperlukan agar mahasiswa dapat mengembangkan potensi serta dapat bertukar pikiran seperti dengan kegiatan pertukaran mahasiswa. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan iklim mahasiswa agar memperoleh pengalaman internasional serta mengetahui budaya negara lain,” tutur Fadlil dalam sambutannya.

Seminar ini bekerja sama dengan 14 PTM seperti Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), hingga Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai daerah, mahasiswa UAD, serta mahasiswa asing UAD. UAD International Seminar mendatangkan lima pembicara. Ida Puspita, S.S., M.A.Res. selaku Kepala KUI, serta empat mahasiswa asing UAD yaitu Ahamed Naquib (Malaysia), Ahmed (Palestina), Chen Yan (Tiongkok), dan Kiss Dora (Hungary).

Ida Puspita selaku keynote speaker memaparkan tentang internationalization, dan keempat mahasiswa asing berkisah tentang culture shock yang mereka alami selama di Indonesia.

“Kegiatan-kegiatan internasional sangat penting bagi kemajuan mahasiswa, terlebih tidak semua mahasiswa mempunyai kesempatan untuk ke luar negeri, maka perguruan tinggi tersebut harus siap mewadahinya seperti kegiatan seminar internasional ini, dengan mendatangkan mahasiswa asing yang sedang belajar di universitasnya,” tutup Ida di akhir seminar pada Jumat (29-11-2019). (Chk)