UAD Award: Prestasi Adalah Tradisi Kita

0
95

Berbagai penghargaan diberikan kepada sivitas akademika pada ajang Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Award Bidang Kemahasiswaan dan Alumni tahun 2020. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan prestasi yang telah ditorehkan oleh dosen, mahasiswa, dan alumni.

UAD Award 2020 memberikan 11 kategori penghargaan. Di antaranya Ormawa terbaik dalam pemerolehan sponsorship terbanyak, Ormawa terbaik dalam administrasi, dan website Ormawa terbaik.

Selain itu, ada kategori mahasiswa berprestasi dalam bidang penalaran dan kreativitas serta mahasiswa berprestasi dalam bidang bakat dan minat. Kemudian pembimbing berprestasi dalam bidang penalaran terbaik dan pendamping berprestasi dalam bidang bakat dan minat.

Di bagian lain ada penganugerahan kepada program studi pelaksana Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) terbaik, program studi berprestasi terbaik, dan program studi terbaik dalam tracer study. Terakhir, penghargaan untuk alumni terbaik fakultas.

Rektor bersama para penerima award pada ajang UAD Award Bidang Kemahasiswaan dan Alumni 2020

UAD Award 2020 dilangsungkan di Amphitarium Kampus Utama UAD, Sabtu (29-2-2020). Kegiatan ini didukung mitra kerja UAD dari Bank Syariah Bukopin, BNI Syariah, BPD Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Dalam sambutannya, Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. mendorong seluruh sivitas akademika untuk selalu meningkatkan kualitas kegiatan. Pada tahun 2018, aktivitas level lokal masih menjadi salah satu faktor penilaian. Namun, pada tahun 2019, penilaian prestasi maupun aktivitas minimal di tingkat provinsi.

“Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan moto Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ‘prestasi adalah tradisi kita’. Upaya ini dilakukan oleh pimpinan, pembina, pendamping, dan pembimbing di tingkat program studi, fakultas, Bimawa, maupun Ormawa,” katanya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para nominator peraih UAD Award 2020 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Muchlas berharap ada para peraih penghargaan untuk terus berkarya dan meningkatkan prestasi. Selain itu pada tahun mendatang ia menginginkan ada penambahan prestasi mahasiswa.

Berkat hasil kerja keras berbagai pihak, pada tahun 2019 UAD menempati peringkat 29 Bidang Kemahasiswaan pada Sistem Informasi dan Pemeringkatan Kemahasiswaan (Belmawa) Ristekdikti. Pada tahun 2017 dan 2018 berturut-turut UAD menduduki peringkat 84 dan 49.

Sementara, Wakil Rektor III UAD Dr. Abdul Fadlil, M.T. menjelaskan, ragam penghargaan tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Tapi, tahun ini menambahkan satu penghargaan bagi alumni yang memiliki prestasi di bidang entrepreneur.