UAD Gelar Pengajian dan Buka Puasa Bersama Amien Rais

349

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara Pengajian dan Buka Puasa Ramadan 1434 H di Kampus 3, Senin (22/7). Acara tersebut diikuti oleh seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa di lingkungan UAD. Penceramah yang hadir ialah Prof. Dr. H. Amien Rais, M.A., Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah yang juga Guru Besar FISIPOL Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam ceramahnya, Prof Amien menyampaikan, saripati hikmah dari ibadah puasa Ramadan ialah agar kita selaku umat Muslim dapat mengendalikan hawa nafsu. “Sebab, dalam diri kita, setiap manusia diberikan dua kekuatan yang saling berlawanan, yaitu kekuatan iman dan hawa nafsu,” ujarnya.

Kedua kekuatan tersebut, lanjut Prof Amien, perlu dimanajemen secara baik. Apabila kita hanya menuruti hawa nafsu, katanya, maka kualitas diri kita telah turun sebagai manusia. Sebaliknya, apabila kita hidup tanpa hawa nafsu, sesungguhnya hal itu tidak mungkin. “Jadi, jalan yang terbaik ialah dengan menyeimbangkan kekuatan iman dan hawa nafsu,” ajaknya.

Menurut Prof Amien, dengan berpuasa kita pun dapat belajar hikmah dari sosok Nabi Yusuf a.s. “Beliau merupakan contoh hamba Allah swt yang tetap istiqomah berpuasa meskipun dirinya menjadi raja di Mesir dan menguasai gudang-gudang makanan di negeri tersebut,” katanya. [sdy]