UAD Launching Sekolah Laboratorium (Labschool) di SMP 2 Muhammadiyah Kalasan

0
272

Selasa (2/7/2013) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Melaunching Sekolah Laboratorium yang dikoordinasikan oleh Pusat Studi Pengembangan Mutu Sekolah (PSPMS). Pengembangan sekolah laboratorium merupakan rangkaian dari adanya MoU antara UAD dengan PDM Kab. Sleman yang sudah dirintis dalam kurun waktu 2 tahun berjalan.

Launching Labschool dilakukan oleh Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum., dihadiri segenap undangan dari Jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman dan semua Kepala Sekolah di setiap jenjang sekolah muhammadiyah di kabupaten sleman, jajaran pimpinan dan dosen-dosen UAD yang terlibat langsung dalam tim pembuat soal dan juri olimpicad ismubaris ke II, serta para juara lomba olimpicad ismubaris II.

Dalam sambutannya Rektor UAD menyatakan bahwa, kerja sama antara UAD dengan Persyarikatan Muhammadiyah khususnya dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam bidang pendidikan sudah lama terjalin. Akan tetapi, dengan adanya Labschool ini UAD berkeinginan kerja sama ini semakin terfokus pada pengembangan sekolah-sekolah Muhammadiyah sehingga menjadi unggul dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang selama ini diunggulkan di Sleman atau bahkan di DIY.

Muhammad Joko Susilo, S.Pd., M.Pd selaku kepala PSPMS mengungkapkan bahwa, pencanangan sekolah laboratorium UAD sebenarnya berangkat dari keprihatian dan kebutuhan di antara dua lembaga persyarikatan (PDM Sleman dan UAD) yang memandang belum adanya pertautan antar AUM yang tidak berjalan secara sinergis. Masing-masing AUM berjalan sendiri-sendiri.

“Maka dari  itu, UAD dalam kaitannya dengan pembekalan calon-calon guru masa depan tentu membutuhkan suatu tempat khusus yang bisa dipakai untuk: pengembangan, pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Tempat khusus itu UAD desain Sekolah Laboratorium (Labschool) UAD dan Sekolah Muhammadiyah berpotensi untuk menjadi bagian sekolah laboratorium UAD. oleh karena itu, perlu sinergisitas dalam perancangan model sekolah tersebut antara UAD dengan Pimpinan Muhammadiyah.

Launching sekolah laboratorium UAD, dilakukan secara simbolis dengan penancapan  papan nama salah satu sekolah Laboratorium UAD di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan langsung oleh Rektor UAD bersama PDM Kab. Sleman yang secara simbolis juga sebagai pencanangan sebanyak 30 sekolah laboratorium UAD di lingkungan PDM dan PDA Sleman. Ketiga puluh Labschool tersebut meliputi tujuh SD, enam SMP, enam SMA, dan enam SMK serta tiga PAUD.

Pada acara tersebut juga dilakukan pembagian hadiah bagi para juara Olimpicad Ismubaris  yang berlangsung pada Rabu, 26 Juni 2013. Olimpicad Ismubaris adalah Olimpiade Sekolah Muhammadiyah yang digagas oleh PP Muhammadiyah sudah berjalan 2 periode ini yang kemudian oleh setiap PDM diseluruh Indonesia dikembangkan sekaligus sebagai ajang latihan dalam menghadapi olimpicad Ismubaris Nasional, OSN, serta kompetisi-kompetisi lain ditingkat nasional maupun Internasional. Peserta olimpicad Ismubaris ke II diikuti oleh seluruh sekolah Muhammadiyah mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se Sleman.  Beberapa mata pelajaran yang lombakan antara lain Matematika, Sain/IPA, pidato dwi bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris), dan pertandingan cabang atletik dan seni beladiri Tapak Suci  Putra Muhammadiyah (TSPM).(Sbwh/doc)