UAD Selenggarakan ADICS 2019

0
103

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Ahmad Dahlan International Conference Series (ADICS) pada tahun 2019. Tema yang diusung pada ADICS “Getting Ready for the 21st Century Challenges”. Pembahasan agenda ini melingkupi pharmacy and health science, education and learning, social science and humanities, engineering and science.

Dari keterangan Dr. Tole Sutikno, M.T., Ketua Penyelenggara dan Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD, event pertama ini berupaya melibatkan semua bidang yang ada di UAD. Ada empat seri konferensi, dua Ilmu Pengetahuan Alam dan dua Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

“Tujuan utamanya untuk menciptakan atmosfir akademik dalam hal publikasi termasuk kerja sama yang kuat. Untuk membuat term yang mapan berat kalau tidak melibatkan semua pihak,” katanya saat ditemui di Hotel Ambarrukmo.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, misinya tahun ini ada 1.000 publikasi pada pengindeks yang bereputasi. Sampai bulan Augustus, publikasi UAD berjumlah 677 dan yang paling tinggi di perguruan tinggi Muhammadiyah.

Target besar ADICS ke depannya akan mengajukan indeksasi ke pengindeks bereputasi. Harapannya kalau sudah maju dan lolos, tidak perlu pihak ketiga untuk mempublikasikan.

“Dari LPPI mendorong standar konferensi internasional, jadi ADICS tahun ini sudah diikuti lebih dari empat negara peserta. Targetnya supaya diversity juga bisa terpenuhi,” jelas Tole kepada awak media, Senin (26-8-2019). (ard)