Webinar Pendidikan Agama Islam MPAI UAD

239

Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar webinar dengan tema “Filsafat Pendidikan Agama Islam (Menuju Konsentrasi Keilmuan Pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan [AIK])” pada 24 Juni 2020 di kanal YouTube UAD. Webinar pertama ini menyongsong atau menyambut rencana Majelis Diktilitbang untuk membuka konsentrasi AIK jenjang S2 yang menjadi kebutuhan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyah. AIK adalah jati diri perserikatan Perguruan Tinggi Muhammadiyah sehingga keilmuan ini sangat penting dikembangkan.

Hadir sebagai pembicara pertama adalah Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, S.U. Ia merupakan Guru Besar Filsafat Pendidikan Islam Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Selaku keynote speakers di antaranya Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Dr.(Cand). Farid Setiawan, M.Pd.I. yang merupakan Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Webinar dipandu oleh Hatib Rahmawan, S.Pd., S.Th.I., M.Ag., yakni dosen Fakultas Agama Islam UAD. Wakil Rektor Bidang AIK, Drs. Parjiman, M.Ag., dalam sambutannya berharap agar AIK ke depannya bisa berintegrasi keilmuan yang dapat dikembangkan oleh sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi lainnya.

Sementara itu, Lincolin Arsyad mengungkapkan rancangan tindak lanjut sistematisasi atau gagasan filsafat pendidikan Islam berkemajuan UAD bisa berperan. Menurutnya, jika kita ikut berpartisipasi, pasti akan mudah dalam memperluas sistem ilmu untuk diturunkan kepada generasi Muhammadiyah.

Ingin tahu lebih lengkap tentang webinar ini? Silakan simak di kanal YouTube Universitas Ahmad Dahlan, ya! (Amb)