Dian Islamiati Sabet Juara Dua Lomba Baca Puisi

0
129

Dian Islamiati mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berhasil meraih juara dua cabang lomba Baca Puisi di Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) tingkat nasional. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM).

Pada tahun ini, PSM PTM yang merupakan perlombaan seni bergengsi, berlangsung di Universitas Muhamadiyah Purwokerto, 13−15 Agustus 2019. Di dalam cabang lomba Baca Puisi sendiri, ada dua puisi yang disiapkan panitia dan wajib dibawakan oleh peserta lomba. Puisi pertama di babak penyisihan yakni “Ketika Engkau Bersembahyang” karya Emha Ainun Nadjib, dan puisi kedua di babak final “Maghrib pun Sampai” karya Slamet Sukirnanto.

Tentu saja, Dian membaca kedua puisi itu tidak semudah yang dibayangkan. Ia menjiwai dan menyampaikan isi puisi dengan berbagai teknik, seperti memahami isi puisi sebelum membaca di panggung, selanjutnya disampaikan dengan bentuk gerak sama tekanan, dan jeda ketika membaca agar lebih kuat dan jelas penekanannya.

Demi mencapai itu semua, UAD memberikan pelatih yang ahli dalam bidang tersebut, dalam hal ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh UAD ke peserta.

“Fasilitas yang diberikan UAD ialah pelatih untuk membimbing. Peran pelatih itu sangat penting, karena mengajarkan teknik dalam pembacaan puisi yang baik dan benar. Pelatihannya mulai dari olah vokal, artikulasi, dan penghayatan yang benar. Dengan begitu, saya lebih memahami apa yang akan dibacakan dan bisa menyampaikan isi puisi kepada pendengar,” jelasnya saat diwawancara, Rabu (21-8-2019).

Dian juga berharap, ke depan semoga bisa menjadi pembaca puisi yang lebih baik lagi dan mampu menyampaikan​ pesan penulis dalam isi puisinya, sehingga bisa diketahui khalayak.

Selain memenangkan juara PSM PTM, Dian juga pernah juara satu tingkat kabupaten dan juara dua tingkat provinsi dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2017. (ASE)