Gelar Wicara Literasi Digital bersama Ivan Lanin

0
86

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Gelar Wicara bersama Ivan Lanin. Ivan Lanin merupakan wikipediawan pencinta bahasa Indonesia, pendiri @LinguaBahasa, dan perangkai kata di @kapitulis. Acara ini menjadi rangkaian Festival Bulan Bahasa PBSI, dilaksanakan di Kampus II Unit B UAD, (20-10-2019).

Sudaryanto, M.Pd. dalam sambutannya mengajak mahasiswa bercermin dan merefleksi diri. Ivan Lanin yang bukan berlatar pendidikan bahasa Indonesia, sangat mencintai bahasa Indonesia, harusnya mahasiswa PBSI bisa lebih dari Ivan Lanin.

Bahasa komputer dan bahasa manusia berbeda. Bahasa komputer tidak memerlukan emosi dalam penyampaiannya. Sedangkan bahasa manusia memerlukan emosi dan sering kali membawa perasaan, seperti perasaan suka atau marah. Banyak yang bisa dilakukan ketika menguasai bahasa. Bahasa adalah kunci dalam komunikasi. Ada orang pintar tapi tidak mampu menyampaikan gagasan dan perasaannya. Literasi digital berarti membaca, menganalisis, dan menyintesis informasi yang disajikan dan membuat hal baru dari informasi diterima.

“Gelombang peradaban ekonomi terbagi beberapa tahap seperti era pertanian, industri, informasi dan ekonomi kreatif. Abad 20, orang mulai menggunakan informasi sebagai ladang pekerjaan, misal Google untuk memperoleh keuntungan. Makin lama komputer makin menggantikan manusia, misalnya berita mulai diproduksi teknologi. Kreativitas dan kecerdasan emosional yang membedakan mesin dan manusia,” ungkap Ivan Lanin. (JM)