Kejurnas Pencak Silat antar Perguruan Tinggi, UAD Raih Juara Umum

208

Pencak Silat Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dalam kejuaraan ini tim Tapak Suci, meraih juara umum 3 dengan poin 2 emas, 2 perak, 2 perunggu, dalam acara Kejuaraan Nasional Pencak Silat antar Perguruan Tinggi X yang diadakan di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Kompetisi ini berlangsung selama empat hari, yakni 10−14 Februari 2020. Tapak Suci merupakan satu-satunya perguruan pencak silat yang ada di UAD.

Pencak Silat UAD mendapatkan juara 3 di kejuaraan nasional 2020

Tahun ini, UPN Veteran Yogyakarta memang menjadi tuan rumah dalam memperebutkan Piala Presiden 2020. Acara menarik tersebut sudah menjadi agenda rutin yang digelar setiap dua tahun sekali sejak 1995. Peserta yang mengikuti kejurnas sebanyak 344, terdiri atas kategori fighter dan seni TGR (Tunggal Ganda Regu), serta diikuti 48 perguruan tinggi.

Tim yang keluar sebagai juara umum 1 yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ) A dengan poin 10 emas, 4 perak, 2 perunggu. Mereka berhak mendapatkan Piala Bergilir Presiden RI dan trofi tetap dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Sementara juara umum 2 diraih oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) B dengan poin 4 emas, 1 perak, 3 perunggu. Mereka berhak membawa trofi tetap dari KONI DIY. Kemudian juara umum 3 diraih oleh UAD dengan poin 2 emas, 2 perak, 2 perunggu. Mereka berhak membawa trofi tetap IPSI DIY.

Ahmad Rizki Saputra selaku ketua umum Tapak Suci UAD berharap, semoga kejuaraan ke depan tetap solid dan selalu jaga kekompakan antarpersonal agar tidak ada selisih antara atlet dengan atlet atau atlet dengan pelatih.

“Yang pasti, mengikuti kejuaraan untuk menang bukanlah ajang coba-coba. Syukur alhamdulillah jika mendapat kesempatan untuk mengangkat tropi juara umum,” kata Ahmad Rizki Saputra. (Amb)