Mutiah, Perempuan Bertabur Bintang

0
47

“Saya berusaha untuk tetap tenang dan percaya diri. Perasaan gugup yang saya rasakan hanya terasa saat sebelum maju ke panggung. Tapi alhamdulillah ketika sudah sampai di atas panggung, perasaan itu hilang. Tergantikan perasaan semangat untuk menampilkan yang terbaik.”

Begitulah yang diucapkan Nur Mutiah Mayangsari. Perempuan kelahiran Yogyakarta ini merupakan mahasiswa Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), yang belum lama ini sukses meraih trofi juara tiga cabang lomba Nyanyi Tunggal Pop Islami Putri dalam acara Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) tingkat nasional. Lomba ini diselenggarakan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM).

Menurut Mutiah, ketika lomba, peserta harus menyanyikan lagu wajib dan pilihan. Lagu wajibnya yakni “Kuasa-Mu”, sementara lagu pilihan yang dinyanyikannya berjudul “Dengan Menyebut Nama Allah”. Ia memilih lagu itu karena memiliki makna yang indah serta melodi yang nyaman untuk dinyanyikan.

Keikutsertaan Mutiah dalam lomba yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto ini bukanlah tanpa alasan. Sebelumnya, ia sudah banyak aktif sebagai penyanyi lagu pop islami. Selain lagu-lagu dalam genre tersebut memiliki pembawaan yang ringan, pop islami juga memiliki makna yang dalam. Ditambah, nuansa islami yang memberikan nilai lebih karena selain bernyanyi ia juga turut berdakwah untuk menyampaikan isi serta makna islami yang terkandung dalam lagu yang dinyanyikan.

Mutiah pernah menjuarai kejuaraan di bidang musik vokal seperti juara 2 Solo Vokal Putri FLS2N 2016 tingkat Kabupaten Bantul, juara 1 Solo Vokal Putri FLS2N 2017 tingkat Kabupaten Bantul, juara 2 Solo Vokal Putri FLS2N 2017 tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), juara 2 Vokal Putri Bintang Radio 2016 tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Bantul, dan sebagai peserta kegiatan Belajar Bersama Maestro 2017 dengan maestro Titiek Puspa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI.

Saat SMA, ia juga tergabung dalam band Titik Nol yang sempat menjuarai beberapa lomba yakni juara 2 Acoustic Competition UNY ACC FAIR 2016, vokalis terbaik Acoustic Competition UNY ACC FAIR 2016, juara 3 Grand Final Krip Krip Tortilla School Talent and Challenge Yogyakarta 2016, juara 2 Talent Competition UKY Festival Akademi Kebidanan Ummi Khasanah 2016, juara 2 Lomba Band ICEF 2016, dan juara 3 Lomba Band ICEF 2017. (ase)