Pelukis Kontemporer dari UAD Sukses Merajai PSM PTM

0
116

Berkiprah selama delapan tahun di bidang lukis, wajar jika Azizah Chaira sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini berhasil meraih juara satu cabang lomba Lukis di Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PSM PTM) tingkat nasional. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhamaddiyah (PPM), 13−15 Agustus 2019 di Univesitas Muhamadiyah Purwokerto.

Azizah, panggilan akrabnya, membuat lukisan dengan tema “Ilmu dan Amal Shalih Jalan Dekat menuju Allah”. Beruntungnya saat membuat lukisan, ia tidak mengalami kesulitan. Kendala hanya pada cuaca yang tidak terik, sehingga memperlambat proses pengeringan cat pada kanvas.

Ia mengaku, mengikuti lomba karena ingin membuktikan bakatnya. Baginya, dunia melukis dapat membuatnya sangat bahagia. Dalam melukis, ia sering menggunakan teknis pembuatan lukisan dengan gaya kontemporer.

“Lukisan kontemporer berbicara seputar fakta atau realitas sosial. Lukisan kontemporer juga faktual, ditandai dengan kritik terhadap kemapanan, hierarki, pendidikan, dan lain-lain,” jelasnya saat diwawancara, Kamis (22-8-2019).

Pelukis cantik ini sangat mengidolakan seorang pelukis yakni Jumadi Alfi, karena karyanya sesuai dengan gaya kontemporer yang ia sukai. Selain itu, keluarganya sangat mendukungnya berkarya. Kedua orang tuanya pun sangat bahagia ketika karya anaknya itu direspons positif oleh banyak orang.

“Ke depannya saya berharap dapat terus berkarya dan semoga sampai ke tingkat internasional,” imbuhnya. (ase)