• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Pembelajaran Daring: Guru Harus Kuasai TIK

23/10/2020/in Terkini /by Ard

“Ketersediaan akses internet, listrik, sumber daya manusia (SDM), serta kebijakan yang tepat, bisa menunjang efektivitas dalam pembelajaran daring. Menurut data dari datareportal.com, saat ini di Indonesia terdapat 174 juta pengguna internet. Sekitar 42.159 sekolah atau satuan pendidikan belum dapat mengakses internet dan 8.522 sekolah belum teraliri listrik,” ungkap Nandi Saepul Bahri, M.Pd. selaku pemateri acara webinar pendidikan bertajuk “Tantangan dan Strategi Jitu Pembelajaran pada Era Normal Baru” di YouTube HMPS Pendidikan Biologi UAD.

Nandi Saepul Bahri, M.Pd saat menyampaikan materi tentang Guru harus Kuasai TIK

Guru diharapkan mengembangkan berbagai inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), misalnya pembelajaran inovatif berbasis e-learning sehingga kualitas pembelajaran akan meningkat. Komponen seperti hardware, software, konten, SDM, serta kebijakan yang baik pun akan menunjang konsep pembelajaran berbasis pemanfaatan TIK.

Berdasarkan data dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan, kompetensi guru terhadap teknologi dan informasi masih di bawah 50%. “Pemerintah harus mengatasi kendala dan menyiapkan pendidikan yang murah, mudah, serta ramah bagi dunia pendidikan. Sebab, masih banyak sekolah yang kemampuan ekonominya rendah,” lanjutnya, (18-10-2020).

Selain TIK, tidak bisa dipungkiri kalau tiga pusaka pendidikan yaitu orang tua, siswa, serta sekolah, sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Sekolah perlu membangun komunikasi yang positif dengan orang tua. Harapannya, bisa terbangun sinergi yang saling menguntungkan.

“Sekolah perlu memberikan kesempatan kepada orang tua untuk berbagi pengalaman, karena persepsi positif dapat membuka peran yang lebih besar terhadap pendidikan anak di sekolah,” tutupnya. (JM)

Tags: News UAD, UAD, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Nandi-Saepul-Bahri-M.Pd-saat-menyampaikan-materi-tentang-Guru-harus-Kuasai-TIK-3.jpeg 720 1280 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2020-10-23 08:00:452020-10-21 11:44:15Pembelajaran Daring: Guru Harus Kuasai TIK
You might also like
Tim E-Sports UAD Divine Bersinar di Kejuaraan Nasional PTMA 2024
IMM Buya Hamka UAD Adakan Kegiatan Ngaji Berfaedah dan Al-Kahfi Day
Tim PPK Ormawa BEMF-Farmasi UAD Siap Kembangkan Desa Grogol sebagai Kampoeng Djamoe
Tumbuh dan Berprestasi Bersama Universitas Ahmad Dahlan
Andalan Awards 2025: Apresiasi Prestasi dan Integritas Sivitas Akademika UAD
Membangun Identitas Kader IMM di Tengah Tantangan Zaman

TERKINI

  • PERSADA UAD Rayakan Milad Muhammadiyah ke-11319/11/2025
  • UAD Pertahankan Klaster Mandiri Selama 4 Tahun Berturut-turut!18/11/2025
  • Cegah Stunting, KKN UAD Kenalkan Higiene Sanitasi Pangan dan Olahan Nugget Lele18/11/2025
  • UAD Perkenalkan Teknologi Pemantau Cuaca untuk Dukung Petani dan Nelayan Parangtritis18/11/2025
  • Tumbuhkan Semangat Berwirausaha, IMM FSBK Gelar Diskusi Ekowir14/11/2025

PRESTASI

  • Mahasiswa Kedokteran UAD Juara I Song Cover Nasional LogFest19/11/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara III dalam Kompetisi Video Kreatif Nasional Tahun 202518/11/2025
  • Gameboard Edukasi Bencana Antar Mahasiswa UAD Jadi Juara Internasional14/11/2025
  • Mahasiswa Teknologi Pangan UAD Raih Juara 2 Esai di Bidang Social, Language & Cultural14/11/2025
  • Mahasiswa Kedokteran UAD, Pramudya Wijaya, Raih Juara II Vocal Solo Tingkat Nasional PKSM 202514/11/2025

FEATURE

  • Kisah Mahasiswa UAD Lulus S2 dengan 30 Publikasi Ilmiah19/11/2025
  • Menulis sebagai Pelarian Positif, Muhammad Farid Wisudawan FK UAD dengan 19 Publikasi Ilmiah14/11/2025
  • Hakikat Takwa dalam Kehidupan28/10/2025
  • Tali Allah adalah Tali Persatuan28/10/2025
  • Meraih Amalan Ahli Surga22/10/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top