Phyforia dalam Milad ke-22 Farmasi UAD

0
186
Suasana Pendopo Pasar Beringharjo Timur saat kegiatan pemeriksaan kesehatan dalam rangka Milad ke-22 Fakultas Farmasi UAD, Kamis (5/4/2018).

Dalam rangka Milad ke-22, Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan kegiatan “Bakti Farmasi untuk Para Kartini Perkasa dari Beringharjo”. Selain milad, kegiatan ini diadakan untuk memperingati Hari Kesehatan Sedunia dan Hari Kartini.

Buruh gendong adalah istilah yang disematkan kepada perempuan pekerja informal yang bekerja di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Mereka adalah para Kartini masa kini yang menghidupi keluarganya.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (5/4/2018) dan bertempat di Pendopo Pasar Beringharjo Timur Kota Yogyakarta ini bertajuk Phyforia (Pharmacy Inspire for Indonesia). Latar belakang diselenggarakan acara ini karena berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. Di antaranya berbagai persoalan tentang dunia kesehatan masyarakat, termasuk terkait jumlah warga miskin yang dari hari ke hari semakin meningkat. Apalagi sekarang berkembang budaya gaya hidup tidak sehat.

Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Kota Yogyakarta dihadirkan, dan membuka kegiatan tersebut. Selain itu, hadir pula Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Dekan Fakultas Farmasi Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D., Apt., serta ketua panitia Dr. Endang Darmawan, M.Si. bersama jajarannya.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis dengan target 500 orang. Hal-hal yang dilakukan meliputi bakti sosial, yaitu pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan gula darah/asam urat, pijat refleksi, konsultasi kesehatan, serta lomba fashion buruh gendong. Sebanyak tiga dokter, 10 apoteker, serta 5 terapis pijat tunanetra terlibat dalam acara ini. (wpw)