Robot dan Teater JAB Ukir Prestasi Nasional dan Internasional

0
178

 

Meski bukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dua organisasi yang terdiri atas Robot dan Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB), tidak berhenti untuk mengukir prestasi.

Teater JAB berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS-PBSI). Meskipun begitu, mereka tidak berkecil hati, bahkan semangatnya untuk berproses semakin besar. Terbukti dalam dua tahun terakhir, Teater JAB sudah mengukir beberapa prestasi.

            Pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) Muhammadiyah 2015 di Cirebon, teater ini turut membawa UAD menjadi juara umum.

“Ada 3 bidang yang diraih JAB. Juara 1 Lomba Musikalisasi Puisi, Juara 2 Lomba Monolog, dan Juara Harapan Lomba Baca Puisi Putri,” ujar Ardi, koordinator musik JAB.

            Pada tahun 2014, teater JAB mengirimkan perwakilannya ke Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Yogyakarta, dan berhasil meraih juara pada beberapa perlombaan. Di antaranya adalah Juara 1 Baca Puisi yang diwakili oleh Kurniaji Satoto, Juara 2 Lomba Penulisan Cerpen oleh Anggyta Riandika, dan juara 1 Lomba Penulisan Lakon oleh Badrun N. S.

Tidak mau kalah dengan Teater JAB. Tim robot UAD yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) pun banyak mengukir prestasi di dalam maupun luar negeri. Terakhir 2015, tim robot UAD meraih Juara 3 di Korea Utara. Mereka meraih juara di dua kompetisi yang digelar Ferederation Of International Robot-Soccer Association (FIRA) di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAITS), pada 4-9 Agustus 2015.

Koordinator tim R-Squad UAD, Teuku Makmur Tsany mengatakan, meski meraih juara 3, pihaknya merasa bangga karena UAD baru pertama mengirimkan timnya di ajang ini.

“Yang membanggakan lagi, robot kita merupakan rakitan sendiri hasil karya tim, sedangkan robot-robot tim lain banyak yang pabrikan.”

Selain meraih prestasi di internasional, pada 2015, mereka juga meraih Juara 2 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia & Juara Inovasi Terbaik, serta Juara 3  Kontes Robot Seni Indonesia pada cara Kontes Robot Indonesia yang diadakan DP2M DITJEN DIKTI di Universitas Semarang, 16 Mei 2015.

Tercatat pada 2014, tim robot UAD meraih sebelas penghargaan di berbagai bidang.