S-Bitam, Antar Mahasiswa Farmasi Menang dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah

0
70

Tiga mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) atas nama Fitriana Kemala Sari, Rifdah Rizal, dan Rahma Pangastuti menjadi juara dalam lomba karya tulis ilmiah. Mereka berpartisipasi dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia yang berlangsung dari 20−25 Agustus 2019 di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Karya mereka diberi judul S-Bitam (Sneeds Minyak Biji Jinten Hitam).

“Karya ilmiah yang kami lakukan ini menggunakan metode sistematik review. Namun, juga dilakukan penelitian. S-Bitam merupakan terobosan baru untuk pengobatan kanker payudara. Hal ini saya dan tim pilih karena kanker payudara termasuk salah satu penyebab kematian terbesar pada perempuan,” kata Fitriana, Selasa (25-9-2019).

Dari keterangannya menjelaskan, proses pembuatan karya tulis ilmiah itu memakan waktu hingga sebulan. Dengan adanya lomba tersebut, Fitriana dan tim berkesempatan mengeksplor kemampuan dalam bidang menulis sehingga bisa menambah wawasan.

“Kesulitan terkadang karena adanya rasa tidak percaya diri. Susah menemukan jurnal-jurnal pendukung untuk perlombaan ini,” terangnya.

UAD berperan banyak dalam perlombaan bergengsi tersebut, yaitu turut mendukung dalam segala hal baik materi maupun nonmateri. Atas dukungan dari berbagai pihak seperti dosen-dosen UAD, Fitriana dan timnya mampu menorehkan prestasi di Kalimantan. Ia berharap, semoga nanti semakin banyak generasi UAD yang terus menorehkan karyanya baik di kancah nasional maupun internasional. (ASE)