UAD Gagas Outbond Kesehatan Pertama di Gunungkidul

0
125

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki banyak objek wisata, alam maupun nonalam. Di tengah maraknya objek wisata tersebut, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menginisiasi wahana wisata outbond kesehatan pertama yang ada di Gunungkidul.

Wahana outbond tersebut berlokasi di Jurug Gede, Gembyongan, Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul. Pendirian lokasi wisata kesehatan ini bermula dari tim Program Kemitraan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD yang mendapat hibah dari Kemenristekdikti.

Dr. Imawwan Wayhudi Wakil Bupati Gunungkidul yang hadir dalam soft launching, Minggu (1-9-2019), mengapresiasi UAD yang sering mengadakan pengabdian masyarakat di wilayahnya. “Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada UAD yang sudah bertahun-tahun menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk turut mengedukasi dan memajukan masyarakat.”

Ia mengharapkan, Jurug Gede akan menjadi destinasi wisata primadona. Oleh karenanya Imawwan mengajak seluruh elemen masyarakat di Gembyongan untuk mengembangkan potensi dengan sepenuh hati.

“Kami meyakini, destinasi yang dikelola dengan berat akan menjadi destinasi yang luar biasa. Jangan takut dengan keterbatasan. Kembangkan potensi yang ada dengan sepenuh hati. Dengan etos kerja tinggi dan guyub rukun,” jelasnya.

Di sisi lain, Dr. Muchlas, M.T. Wakil Rektor I UAD berharap objek wisata yang diinisiasi FKM UAD tidak kalah dari wisata lain, yakni menjadi wisata yang banyak diminati masyarakat.

“Untuk mendukung pengembangan objek wisata yang sehat, UAD saat ini juga sedang mengajukan program studi baru D4 Pariwisata. Terima kasih juga atas kepercayaan Pemerintah Gunungkidul yang sudah bekerja sama bersinergi dengan UAD dalam mengembangkan objek wisata sehat,” tandas Muchlas.

Wahana outbond yang ada di lokasi tersebut mulai dari papan berseri, jembatan titian, jembatan gantung, ular tangga edukasi kesehatan, hingga fun game mencari jejak yang memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan psikis.

Pada acara soft launching ini juga dihadiri Kepala LPPM UAD, Camat Patuk Gunungkidul, Kepala PKK Gunungkidul, Kadinpar Gunungkidul, Kadinkes Gunungkidul, GM Telkom Indonesia, Dekan FKM UAD, Kepala LPPI UAD, Sekprodi FKM UAD, Kades Ngoro-oro, dan Kades Ngalang.

Sementara tim PKM FKM UAD penggagas wisata outbond sehat diketuai Dr. Sitti Nur Djannah, Koordinator Dr. Surahma Asti Mulasari, M.Kes., Sulistyawati, MPH., Dr. Fatwa Tentama, M.Si., dan Tri Wahyuni Sukesi, MPH. (doc/ard)