Bedah Buku Membela Islam Membela Kemanusiaan

0
353

Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan bedah buku yang berjudul Membela Islam Membela Kemanusiaan karya Fajar Rizal Ul Haq, M.A. pada Sabtu (3/3/2018) di aula kampus 4 UAD, Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta). Acara yang dibuka untuk umum ini menghadirkan tiga pembicara yaitu Fajar Rizal Ul Haq selaku penulis buku dan Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kerja Sama Antar Lembaga, Dr. Roby H. Abror, M.Hum. selaku Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PWM DIY, dan Budi Setiawan, S.T. selaku Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center PP Muhammadiyah.

Drs. Safar Nasir, M.Si. Wakil Rektor II UAD dalam sambutannya mengatakan, “Diskusi bedah buku ini nantinya akan sangat menarik, karena pembedahnya sudah berpengalaman di lapangan. Buku ini merupakan aset bagi Islam dan Kemuhammadiyahan, khususnya untuk masalah kemanusiaan yang selama ini dianggap sebagai Islam radikalisme. Kiranya, terbitnya buku-buku seperti ini bisa dibaca oleh sebagian besar masyarakat di belahan bumi ini.”

Selain itu, Fajar Rizal Ul Haq mengatakan, “Buku ini diterbitkan bulan Oktober 2017, dan berisi kumpulan tulisan-tulisan saya dalam rentang waktu 15 tahun terakhir, yaitu sejak 2002-2016. Buku ini tentunya memiliki kelemahan juga.”

“Saya ingin memberikan satu garis bawah bahwa buku yang ditulis selama itu, paling tidak bisa menangkap banyak hal tentang dinamika Islam. Buku ini bisa menjadi salah satu cermin, jika kita ingin melihat isu-isu yang berkembang dalam kurun waktu tersebut,” tambahnya. (dta)