Belajar Atronomi dengan Siswa SLB 2 Bantul

0
103

Untuk memperingati International Astronomical Union (IAU), Observatorium Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan belajar astronomi dengan siswa tunarungu SLB 2 Bantul. Agenda tersebut mengusung tema “Semesta Kita Semua” yang bertempat di ruangan Observatorium, kampus 4 UAD Jln. Lingkar Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Minggu (13-1-2019).

Pembelajaran ini mulai dari pengenalan ruangan kontrol teleskop untuk melihat matahari, planetarium yang digunakan untuk menonton film, dan ruangan kubah. Selain pengenalan juga ada pemaparan materi dari Yudhiakto Pramudya, Ph.D., selaku Kepala Ruang Observatorium UAD.

Jadi, ini merupakan kegiatan pengamatan langit bersama, yang dilaksanakan di 80 negara di berbagai tempat, salah satunya di Indonesia. Kita patut bangga menjadi bagian kegiatan internasional ini,” jelasnya.

Ia berterus terang, kegiatan ini merupakan agenda sharing ilmu astronomi kepada tunanetra. Menurutnya, ia melanjutkan, untuk belajar astromoni tidak hanya berlaku kepada orang yang sempurna, namun turnanetra juga bisa. “Ada astromon yang tidak bisa melihat tetapi ia berhasil menjadi ilmuwan. Namanya Wanda Dias.”

Pembelajaran ini dimulai dari pengenalan ruang Observatorium dan alat-alat untuk mengamati langit.

Kami berharap, di lain hari siswa dan guru SLB 2 Bantul dapat berkunjung kembali ke sini. Kami sangat mengapresiasi rombongan siswa dan guru SLB 2 Bantul,” imbuhnya. (ASE)