FTI UAD Gandeng 2 Perusahaan

0
242

Di ruang Serbaguna Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dekan Fakultas Teknologi Industri UAD menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan 2 Instansi sekaligus, yaitu PT. Citra Mandiri Sawita (PT. CMS) yang beralamat di Guntung-Indra Giri Hilir Propinsi Riau, serta CV. Truscoco yang beralamat di Malangjiwan Kidul Sewon Bantul Yogyakarta Rabu, (31/7/2013).

PT.Citra Mandiri Sawita dengan direktur Budi Wiyarno,ST.MT adalah perusahaan nasional yang bergerak dibidang agroindustri dengan fokus pada industri kelapa sawit dan turunanya. Secara umum perusahaan memiliki empat devisi bidang usaha, antara lain devisi perkebunan, devisi pengolahan, devisi perdagangan dan devisi kontraktor.

PT Citra Mandiri Sawita konsisten dalam upaya pengembangan pengelolaan industri berbasis agro yang didukung oleh tenaga-tenaga yang berpengalaman dalam bidangnya yang owner, direktur beserta stafnya adalah alumni FTI-Teknik Kimia UAD.

Budi Wiyarno selaku Direktur Utama PT Citra Mandiri Sawita mengatakan, tempat riset, sudah kami sediakan 10 hektar tanah untuk menunjang perkembangan dan inovasi. “Kami berharap UAD dapat bisa memanfaatkan” harapnya.

Sedangkan CV. Truscoco merupakan industri pengolahan tempurung kelapa yang diproses melalui pembakaran untuk menghasilkan arang tempurung kelapa yang berkualitas tinggi. Untuk  kedepannya melalui MoU ini dari  2 dosen Teknik Kimia FTI – UAD, Ir. Siti Jamilatun, M.T. dan Martomo Setyawan, S.T., M.T  akan memberikan konsultasi dalam perancangan alat pengembun (condensor) dalam upaya memanfaatkan asap hasil pembakaran menjadi asap cair (liquid smoke) dan akan diolah lebih lanjut sebagai pengawet makanan. Selanjutnya kerjasama akan ditingkatkan dalam memberi nilai lebih pada arang tempurung kelapa menjadi arang aktif dan pengembangan prodik turunan kelapa lainnya.

Menurut Kartika Firdausy, kerjasama ini merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang didukung oleh 4 (empat) program studi yang ada di Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan, yaitu Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro.

Lebih lanjut Kartika Firdausy menuturkan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan pelaksanaan Penelitian, Kerja Praktek, dan Kunjungan Industri mahasiswa lebih baik. dan mahasiswa dapat menerapkan pengembangan di bidang teknologi. Selain itu diharapkan bisa rekruitmen karyawan terutama dari Alumni Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UAD.

Dalam MoU ini Fakultas Teknologi Industri UAD, diwakili oleh Dekan FTI Kartika Firdausy, S.T., M.T., dari pihak PT. Citra Mandiri Sawita (PT. CMS) diwakili oleh  Direktur  Budi Wiyarno, S.T., M.Eng., serta dari CV. Truscoco diwakili oleh Pimpinannya Teguh Sayoto.(ns)