Kolesterol Masih Mendominasi Dosen dan Karyawan

0
190

 

“Dari berbagai jenis penyakit seperti asam urat, dan gula darah, yang paling dominan adalah kolesterol,” terang Drs. Hadi Sasongko, M. Si., ketua panitia pemeriksaan kesehatan Milad Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke-55.

            Katanya, dosen dan karyawan banyak tersita waktunya untuk bekerja. Sehingga terkadang abai terhadap kesehatannya sendiri. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung, karena kolesterol mengendap pada dinding arteri dan akan menghambat aliran darah menuju jantung.

            “Salah satu cara yang harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup sehat. Meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga, agar otot menjadi lentur dan proses pencernaan makanan menjadi lebih sempurna,” ujar salah seorang dokter saat sedang berkonsultasi dengan salah satu dosen.

Ia menambahkan bahwa kesehatan perlu dijaga dengan berolahraga atau mengonsumsi buah dan sayur. Pekerjaan kantor memang penting, tetapi kesehatan jauh lebih penting untuk menunjang keteraturan dan kelancaran pekerjaan.

            Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diagendakan rutin dalam rangkaian Milad UAD ini, untuk mengetahui tingkat kesehatan dari dosen dan karyawan yang berjumlah kurang lebih sekitar 780 orang.

Ada sekitar 220 dosen dan karyawan yang memeriksakan kesehatan pada Sabtu, (12/12/2015). Kegiatan tersebut bekerja sama juga dengan PKU Muhammadiyah Bantul. Selain cek kesehatan mereka juga menyediakan obat-obatan.

Cek kesehatan yang ditarget 400 orang ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti segala bentuk penyakit pada dosen dan karyawan UAD. Selain itu, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti segala bentuk penyakit pada dosen dan karyawan. Baik itu dosen atau karyawan lama dan baru.

Di samping kegiatan pemeriksaan kesehatan, diadakan pula kegiatan donor darah yang dilakukan oleh mahasiswa. (Ard)