Mahasiswa Farmasi Raih Juara 3 CPSE di Surabaya

0
258

Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali raih prestasi di tingkat nasional. Tim Farmasi UAD berhasil di posisi 3 juara Olimpiade Kefarmasian Tingkat Nasional di Bidang Farmasi Klinis, Clinical Pharmacy Skill Event (CPSE) di Universitas Airlangga Surabaya pada Sabtu (13/2/2016).

Corry Annissa, Suci Amalia Ramadayanti, dan Farras Ayu Setyaningtyas berhasil mengalahkan Universitas Indonesia dan Universitas Achmad Yani untuk mendapat posisi ketiga. Mereka meraih tropi dan uang pembinaan dalam acara yang mengangkat tema “Farmakoterapi dalam Studi Kasus HIV dan AIDS” itu.

Menurut Ichwan Ridwan Rais, S.Far., M.Sc., Apt., selaku humas Farmasi, keberhasilan mereka tidak lepas dari pembimbing atau dosen pendamping, Imaniar Noor Faridah, M.Sc., Apt. yang selalu ada bagi mereka.

Melalui rilis, Dekan dan Wakil Dekan Farmasi mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih. Mereka berharap prestasi ini menjadi contoh dan pemicu bagi prestasi lainnya.

CPSE adalah olimpiade kefarmasian tingkat nasional di bidang farmasi klinis yang diikuti oleh mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia. Tim UAD harus melewati 3 tahap seleksi, babak penyisihan, semifinal, dan final.

Tahap penyisihan menyeleksi 40 tim dengan mengerjakan soal-soal tertulis. Sepuluh Tim yang lolos masuk babak semifinal dan harus melakukan konseling pasien dan presentasi media kefarmasian untuk dapat tembus ke final. Di babak final, lima Tim yang masuk bersaing dalam bentuk cerdas cermat dan debat kefarmasian.

Peserta CPSE merupakan mahasiswa program studi S1 Farmasi perguruan tinggi negeri atau swasta yang masih berstatus sebagai mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan Kartu Mahasiswa.(doc)