Mengenal Pembelajaran Sastra Indonesia yang Memesona
Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib diambil oleh siswa dan mahasiswa. Pelajaran bahasa Indonesia memiliki tujuan akhir agar peserta didik dapat mencapai apresiasi sastra. “Selama ini, pelajaran bahasa Indonesia yang dikenal ialah tema, tokoh, amanat pada sebuah pantun, puisi, novel, PUEBI, serta materi tentang kebahasaan dan kesusastraan saja. Tapi jauh dari itu, pelajaran bahasa Indonesia menanamkan kepada peserta didik akan kecintaan pada negara, serta mencapai tujuan pembelajaran berupa apresiasi sastra,” terang Yosi Wulandari, S.Pd., M.Pd. selaku dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) saat menjadi pembicara di Langkah Pakar (14-11-2020).
Sastra sebagai bidang keilmuan yang mampu menyentuh jiwa dan raga mempunyai keunikan sendiri terlepas dari unsur struktur pembangun sebuah karya sastra. “Sastra memiliki nilai keharuan, menyentuh jiwa, menanamkan nilai moral, serta dapat mengenal lebih jauh mengenai bangsa Indonesia,” ungkap Yosi.
Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang diajarkan oleh guru baik di tingkat dasar hingga menengah masih cenderung kaku, rumit, dan membosankan. Mempelajari sastra tidak hanya berkaitan tentang tema dan tokoh, tetapi tentang makna dan nilai yang terkandung dalam sebuah karya sastra tersebut. Guru di abad 21 dituntut memberikan model pembelajaran yang menyenangkan.
“Guru abad 21 haruslah menjadi guru yang memesona. Terlebih dalam mengajarkan sastra yang penuh nilai estetika. Tidak hanya mengajarkan tema dan judul, tetapi mengajarkan peserta didik agar tersentuh hatinya dalam mengapresiasi sebuah karya sastra,” imbuhnya dalam sesi penyampaian materi.
Pembelajaran sastra yang memesona ialah kemampuan guru dalam memadupadankan materi dengan teknologi yang sedang berkembang di era revolusi industri. Selain itu, mengetahui karakteristik peserta didik serta pola pembelajaran, menjadi hal yang penting diketahui oleh seorang guru agar peserta didik dapat nyaman mengikuti pembelajaran.
“Pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta sistem belajar yang menarik, seperti belajar dengan alam akan menjadikan proses pembelajaran yang dirindukan,” tandas Yosi. (Chk)