• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Nur Kholis: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di FAI UAD

14/10/2020/in Terkini /by Ard

Pembelajaran di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) memberikan tantangan bagi tenaga pengajar. Dosen diharuskan menguasai teknologi sebagai upaya menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM). Zoom, Google Meet, Google Classroom, Edmodo, dan E-learning UAD, menjadi aplikasi yang digunakan dalam menunjang sistem pembelajaran.

Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag., selaku dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Hadis sekaligus Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), memberikan kiat-kiat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam jaringan (daring) pada web seminar (webinar) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FAI pada Rabu,(7-10-2020).

Nur Kholis (pojok kiri atas) saat memberikan materi di webinar BEM FAI

“Mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis terkait new-learning bagi dosen yang membutuhkan pendampingan dalam perkuliahan daring, menjadi prioritas fakultas,” terang Nur Kholis saat menjelaskan persiapan menghadapi perkuliahan daring. Ia menambahkan, pendampingan dilakukan oleh dosen muda yang lebih cepat menguasai teknologi masa kini.

Selain itu, ia merevisi strategi pembelajaran dalam Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) diubah menjadi sistem daring secara synchronous dan an synchronous. Komposisi yang digunakan ialah synchronous dengan Google Meet dan Zoom maksimal enam kali dalam total 14 pertemuan. Selebihnya, menggunakan sistem an synchronous menggunakan E-learning UAD atau aplikasi lain yang sudah disepakati oleh dosen dan mahasiswa.

FAI senantiasa melakukan monitoring dalam pelaksanaan kuliah daring yang akan dievaluasi setiap empat kali tatap muka perkuliahan. Berbagai strategi lainnya seperti mengadakan pelatihan modul pembelajaran sistem daring, serta terus mengedukasi dosen dan mahasiswa guna mengubah kebiasaan dari pola pembelajaran luring ke daring.

“Saat ini FAI sedang membuat aplikasi perkuliahan daring sendiri yang lebih sederhana, sehingga dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa,” pungkas Nur Kholis. (Chk)

Tags: News UAD, UAD, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Nur-Kholis-saat-memberikan-materi-di-webinar-BEM-FAI.jpg 500 713 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2020-10-14 12:00:372020-10-14 08:29:54Nur Kholis: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di FAI UAD
You might also like
Putra Bungsu Jenderal Soedirman: Selalu Teladani Pak Dirman
Alumni UAD Bersinergi Melalui Kamada
Ahmad Dahlan International Youth Camp (ADYC) 2023
EDSA UAD Bedah Soal TOEFL
BEM FSBK Selenggarakan INSPIRE 3.0
Mahasiswa UAD Raih Juara dalam Ajang Bulan Pancasila XI

TERKINI

  • Cetak Motif dari Alam, HMPS Biologi Gelar Pelatihan Ecoprint di Wonolelo28/11/2025
  • Prestasi Adalah Tradisi Kami: Muda Berkarya, Kampus Berdaya28/11/2025
  • Softskill Series #3: Creating Career Path28/11/2025
  • Talkshow Softskill Series #2 UAD: Ormawa sebagai Ruang Tumbuh Mahasiswa27/11/2025
  • UAD Resmikan Pojok Statistik, Perkuat Akses Data Akademik Mahasiswa27/11/2025

PRESTASI

  • Mahasiswa UAD Raih Juara Infografis Terfavorit di Pharmacy Digital Competition25/11/2025
  • Mahasiswa Biologi UAD Raih Honorable Mention pada ONMIPA 202525/11/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Medali Perak pada ONMIPA 2025 Bidang Fisika25/11/2025
  • Mahasiswa Matematika UAD Raih Dua Prestasi dalam Ajang ADIYC #3 202524/11/2025
  • Ganda Putra Badminton UAD Tembus Tiga Besar pada Kompetisi BCC Tingkat DIY–Jateng24/11/2025

FEATURE

  • Kisah Mahasiswa UAD Lulus S2 dengan 30 Publikasi Ilmiah19/11/2025
  • Menulis sebagai Pelarian Positif, Muhammad Farid Wisudawan FK UAD dengan 19 Publikasi Ilmiah14/11/2025
  • Hakikat Takwa dalam Kehidupan28/10/2025
  • Tali Allah adalah Tali Persatuan28/10/2025
  • Meraih Amalan Ahli Surga22/10/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top