UAD Juara 1 KRI 2018 Regional 3

0
263

Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI). Kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa bidang robotika. KRI 2018 terbagi atas lima divisi, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

Salah satu Tim Robotic Devolepment Community (RDC) UAD berhasil meraih juara 1 bidang KRSTI. Mereka mengikuti ajang bergengsi tersebut di Universitas PGRI Semarang, Senin-Rabu (16-18/04/2018).

“Persiapan yang kami lakukan kurang lebih sekitar tujuh bulan. Mulai dari mempersiapkan tim hingga menguji hasil riset secara terus menerus. Sehingga, dua bulan sebelum lomba kami sudah melakukan perbaikan-perbaikan,” ucap Anggit Pamungkas selaku ketua tim Lanange Jagad.

Kesulitan-kesulitan yang dialami ketika proses maupun hari lomba berlangsung sangat banyak. Namun, baginya yang terpenting selalu berdoa, jaga kekompakan tim, solid, jangan terlalu puas dengan hasil yang dicapai hari ini, dan terus mencoba untuk lebih baik lagi.

Pembimbing RDC UAD, Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng. juga mengatakan, “Kunci dari keberhasilan tim ada di regenerasi dan riset berkelanjutan. Kami secara rutin mengadakan rekrutmen, pelatihan anggota baru, serta lomba internal RDC. Tim didorong agar selalu menyempurnakan robot dengan mencoba alogaritma dan desain baru. Mahasiswa yang tergabung RDC juga diarahkan mengerjakan tugas akhir (TA) sesuai dengan robot yang dikembangkan untuk KRI.” (nda)