• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Headline Memikat, Kunci Copywriting yang Menarik

24/01/2022/in Terkini /by Ard

Didik Arwinsyah, pemateri Pelatihan Digital Marketing  MANFEST 2021 HMPS Manajemen FEB Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Copywriting adalah salah satu digital marketing yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Konten bisnis dengan sebuah copywriting yang menarik akan memotivasi orang untuk melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, serta terpengaruh. Pada mulanya ketika seseorang melihat sebuah tulisan dan merasa tertarik, maka proses persuasif yang ada pada copywriting berhasil dilakukan.

Menyiasati terbukanya digital marketing, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPS-M) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam rangkaian Manajemen Festival 2021 memberikan Pelatihan Digital Marketing (copywriting dan advertising) bagi khalayak umum secara terbatas. Menghadirkan Didik Arwinsyah selaku Trainer Internet Marketing Nasional Terbaik sekaligus Founder SEO United, pelatihan “How to Improve your Skill and Creativity with Digital Marketing” berlangsung secara bleanded melalui ruang virtual Zoom Cloud Meetings dan luring pada ruang Auditorium Kampus I pada 15–16 Januari 2022.

Poppy Laksita Rini, S.E., M.Sc. selaku perwakilan dari Kepala Program Studi (Kaprodi) Fakultas Ekonomi dan Bisnis menegaskan bahwa “Digital marketing menjadi salah satu juru selamat dalam menghadapi era digitalisasi dan pandemi saat ini. Copywriting dan advertising yang menarik dapat dimanfaatkan untuk personal marketing seperti para influencer dalam membuat sebuah konten.”

Merancang copywriting yang memikat dapat dimulai dengan menyesuaikan jenis headline yang sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Terdapat empat belas jenis headline dalam penulisan copywriting yang dapat digunakan, di antaranya personal headline, urgent headline, list headline, selective headline, question headline, benefit headline, news headline, gimmick headline, inspirative headline, command headline, claim headline, versus headline, testimonial headline, dan statistic headline.

“Sebaik-baiknya video maupun artikel adalah yang dapat menyelesaikan permasalahan serta tidak boleh clickbait saat membuat headline,” jelas Didik selaku mentor FEB. Ia menambahkan, perhatikan personal headline karena memiliki ciri khas ada kalimat “untukmu” agar pembaca merasa bahwa hal tersebut ditujukan untuknya. Urgent headline ditandai dengan melibatkan emosi calon pembeli, menggunakan keterangan waktu, memiliki kata kunci (jangan, hindari, awas, penting). Contohnya pada judul: Penting! Ini Dia Tips Mengelola Stres saat WFH untuk para Ibu.

List headline sering digunakan pada website dengan menyebutkan jumlah item (makin banyak, makin baik), cantumkan keyword pada headline, juga imbuhkan kata unik untuk meningkatkan minat pembaca. Contoh list headline: 10 Cara Ampuh Memulai Bisnis Kuliner yang Sukses.

Didik menegaskan, pentingnya memperhatikan tiga hal dalam membuat copywriting berbentuk video. “Bahas atau bicarakan konten viral yang sedang trending saat ini agar orang-orang mau mendengarkan, relate yang akan terjadi, dan dapat dibahas untuk ke depannya. Jangan lupa, pilihlah konten yang dapat dibahas sepanjang waktu.” (anh)

Tags: Berita UAD, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Didik-Arwinsyah-pemateri-Pelatihan-Digital-Marketing-dalam-rangka-MANFEST-2021-membagikan-layar-materi-headline-Foto-Panitia-HMPS-M.jpeg 489 865 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2022-01-24 11:17:462022-01-24 11:17:46Headline Memikat, Kunci Copywriting yang Menarik
You might also like
Mahasiswa UAD Juara II PR Campaign pada National Artwork Submission Bulan Komunikasi UNY 2023
Haedar Nashir: Muhammadiyah Tidak Akan Lepas dari Teknologi Informasi
Busyro Muqoddas: Cendekiawan Sekarang Terlalu Menikmati Fasilitas
Menengok Kehidupan Kampus di Jepang dan Malaysia
Lolos Pendanaan PKM 2024, Mahasiswa Farmasi UAD Kenalkan Inovasi Baru Pemanfaatan Buah Parijoto
Pementasan Drama Lubang Hitam Masa Lalu oleh Mahasiswa Sastra Indonesia UAD

PRESTASI

  • Mahasiswa UAD Raih Juara II Lomba Pengabdian Masyarakat Tingkat Nasional pada ASLAMA PTMA 202519/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Juara II di Ajang AILEC 202519/08/2025
  • Tim UAD Raih Juara III Lomba Kreasi Layar di Jambore Koperasi Nasional 202514/08/2025
  • Mahasiswa UAD dari Perwakilan Kontingen DIY Raih Dua Kategori Juara pada Ajang Tapak Suci World Championship 2nd di Malang13/08/2025
  • Mahasiswa UAD Raih Dua Penghargaan pada Kompetisi Publikasi Artikel Ilmiah Tingkat Nasional11/08/2025

FEATURE

  • Prof. Maryudi Dorong Inovasi Polimer untuk Lingkungan yang Berkelanjutan20/08/2025
  • Implikasi Putusan MK 135/PUU-XXII/2024: Momentum Baru Demokrasi Lokal Indonesia20/08/2025
  • Peran Reverse Logistics untuk Ekonomi Sirkular Berkelanjutan19/08/2025
  • Organisasi sebagai Rumah Bertumbuh12/08/2025
  • Tujuh Pintu yang Mengundang Setan ke Hati02/08/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top