Mengupas Strategi Pemasaran bersama Magister Manajemen UAD
Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan (MM FEB UAD) mengadakan Strategic Marketing Online Course #01, sebuah kegiatan yang diselipkan mata kuliah marketing. Mahasiswa diharapkan mampu mengantarkan, membiasakan, menyosialisasikan, dan memosisikan suatu produk ke pasar yang strategis.
Strategi pemasaran dimulai dari mengembangkan kemampuan, mengadaptasi teori, menampilkan pengetahuan-pengetahuan dari berbagai ilmu, kemudian memasarkan produk. Namun, sebelum itu harus bersiap siaga untuk berbagai kasus yang datang. Kuncinya yaitu harus siap menyelesaikan berbagai masalah dari bisnis yang sedang dijalani.
Tujuan strategi dalam pemasaran untuk diadakannya proses pengembangan guna menyesuaikan pasar. Langkah selanjutnya, bisa akrab terhadap berbagai macam sudut pandang strategi pemasaran. Tidak hanya itu, mahasiswa diajarkan untuk memiliki kepekaan khususnya antara pemasaran tradisional ke pemasaran modern. Caranya dengan belajar mengaitkan ilmu teknologi ke dalam pemasaran agar bisa memasuki pasar dunia dan mempunyai suatu kreasi yang bernilai.
Dr. Zunan Setiawan M.M., selaku pemateri mengatakan, “Diharapkan kalian dapat mengerti dan mengindentifikasi berbagai isu dari perusahaan-perusahaan. Paham trik mengantar dan memasarkan semua produk, dapat memberikan suatu kreasi lain dari produk tersebut. Hal terpenting dalam belajar pemasaran yaitu bisa menemukan jalan untuk bertahan dalam kondisi bisnis yang berbagai menit, detik, dan waktu sangat berubah ke depannya.”
“Suatu bisnis desain bisa disadari bahwa perubahan-perubahannya terjadi akibat tekanan-tekanan. Penekanan lingkungan itu mengubah semuanya. Seperti yang kini kita alami pada saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, mau tidak mau harus memiliki budaya melek digital. Sebagai mahasiswa harus punya inovasi,” tambah Zunan pada kanal YouTube Marketing Club MM UAD. (Dew)