Pentingnya Guru PAUD Mengenali Kurikulum Internasional
Di dunia ini, setiap negara lahir dengan berbagai sejarah, termasuk pada bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dosen PG PAUD Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Dr. Diah Andika Sari, M.Pd. mengatakan, perkembangan PAUD berkaitan dengan sejarah suatu negara. Tentunya, setiap negara memiliki kurikulum yang berbeda sesuai kebijakan yang ada.
“Ternyata ada hubungannya antara lamanya kemerdekaan dengan kemajuan PAUD,” ujarnya saat menjadi narasumber Kuliah Tamu Kurikulum Internasional PAUD di kanal YouTube PGPAUD FKIP UAD (05-12-2021).
Diah bercerita, UMJ telah menghadirkan mata kuliah kurikulum internasional, yang di dalamnya membahas perjalanan Kurikulum PAUD yang dilakukan pada dunia internasional. Hal ini guna mengenalkan beragam kurikulum tiap negara, yang kemudian bisa dijadikan referensi untuk perancangan kurikulum di Indonesia.
“Mata kuliah ini tujuannya melatih mahasiswa untuk bisa menganalisis, membandingkan, juga mengevaluasi kelayakan pelaksanaan kurikulum internasional, yang bisa diadopsi sesuai dengan nilai dan budaya pendidikan di Indonesia.”
Diah mengaku sering kali memotivasi mahasiswanya untuk aktif pada bidang nonakademik, misalnya olahraga maupun seni. Ia menjelaskan semua kegiatan ini akan sangat bermanfaat di saat nanti sudah menjadi guru PAUD, karena dunia anak terlepas dari hal-hal seperti ini.
“Setiap manusia harus mendapatkan dunia sesuai dengan masanya, artinya anak usia dini harus menikmati masa-masa dunia anaknya, begitu pun saat remaja, dan seterusnya. Di berbagai negara pun mereka menerapkan hal yang sama, yakni mendalami banyak bidang di luar akademik. Setiap orang berhak mendapatkan kehidupan yang sesuai dengan perkembangan seharusnya,” ungkapnya. (rri)