Pentingnya Public Speaking bagi Dunia Bisnis
“Public speaking yang baik membuat kita berbeda dengan keadaan sebelumnya, misalnya dalam bidang bisnis, komunitas, pergaulan umum, serta karier. Setiap orang memiliki perasaan dan waktu yang berbeda sehingga Anda bisa mengemas kemampuan berbicara sesuai situasi dan kondisi,” ujar Tri Septiana Kurniati, S.Pd., M.Hum. dalam webinar dengan tema “Student Orientation For a Better Future” yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Bisnis Jasa Makanan (Bisma), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), di Google Meet, (27-9-2020).
Public Speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya. Public speaking dalam dunia bisnis menjadi bagian yang penting seperti mempromosikan produk pada konsumen, memberikan informasi kepada seluruh konsumen mengenai informasi dari produk yang sedang dijual, menyebutkan kelebihan atau keunggulan produk sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.
“Meningkatkan kemampuan komunikasi tidak hanya menunjang kemampuan menjual produk, namun juga kemampuan memimpin sebuah perusahaan. Misalnya cara menegur pegawai yang salah dengan tepat, serta mempermudah mendemonstrasikan apa yang ingin disampaikan. Gugup berbicara di depan orang banyak itu normal, semakin sering dilatih akan semakin berani dari waktu ke waktu. Gugup faktornya bisa jadi karena kurangnya persiapan, hal itu bisa diatasi dengan mempelajari topik yang akan disampaikan kepada orang banyak sehingga ketika berbicara akan menguasai materi itu,” pungkasnya. (JM)