Buku ‘Bahan Ajar’ Harus Miliki ISBN
Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan penyusunan bahan ajar atau buku ajar berstandar International Standard Book Number (ISBN). Acara digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Pendidikan Matematika UAD pada Sabtu, 16 April 2022. Hadir sebagai pemateri adalah Kepala UAD Press, Hatib Rahmawan, S.Pd., Th.I., M.Ag., yang juga dikenal sebagai penulis buku nasional.
Uswatun Khasanah. S.Si., M.Sc. selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika dalam sambutannya menyampaikan, bahan ajar yang ber-ISBN sangat menunjang akreditasi untuk luaran standar pendidikan. Harapannya bahan ajar ber-ISBN ini nantinya tidak hanya digunakan oleh mahasiswa internal saja tetapi juga dimanfaatkan untuk pihak luar.
Lebih lanjut, Hatib menjelaskan buku dibagi menjadi dua yaitu buku pendidikan dan nonpendidikan. Sedangkan buku pendidikan dibagi lagi menjadi buku teks pelajaran dan nonteks pelajaran. Buku teks pelajaran sering disebut juga sebagai buku ajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar merupakan buku pendidikan (teks pelajaran) yang ditulis oleh pakar di bidang tertentu berisi mengenai satu topik tertentu untuk memudahkan seseorang memahami mata kuliah. Buku ajar ditulis sesuai dengan kurikulum tertentu.
“Benefit dosen menulis buku ajar yaitu untuk memenuhi borang Beban Kerja Dosen (BKD), mendapatkan insentif buku ajar dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), mendapatkan royalti penjualan dari UAD Press apabila diterbitkan di UAD Press, dapat diikutsertakan dalam hibah penulisan buku ajar, serta dapat dikaryakan kembali di LIPPI,” papar Hatib.
Adapun sistematika penulisan buku ajar adalah ditulis berdasarkan sub-Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau turunannya lagi, awali dengan menjelaskan capaian pembelajaran di setiap bab, berilah uraian teori yang sederhana dan mudah dipahami, serta akhiri di setiap bab (pembahasan) dengan sebuah evaluasi. Jenis dan bentuk evaluasi sangat bervariasi dengan catatan untuk mengukur capaian pembelajaran. Kemudian satu bab, bagian, dan topik terkadang dibahas dua hingga tiga kali pertemuan. Struktur buku terdiri atas preliminary, isi, dan postliminary.
Di akhir penyampaian, Hatib memberikan tips untuk memparafrase. Parafrase adalah membahasakan kembali pendapat orang lain. Tips parafrase yaitu carilah substansi dan ide dasar pendapat orang lain, tulis kembali tanpa harus melihat buku aslinya, gunakanlah sinonim dan padanan kata lainnya, ubahlah pola kalimatnya (misal dari aktif ke pasif), cek ulang kesamaan dengan aslinya dan agar tidak terkena Turnitin (program cek plagiasi dengan sistem algoritma yang sistematis, runtut dan kompleks) kata, rumus, dan kalimat yang sudah umum dapat dibuat image. (frd)