Inas: Aku Sehat, Aku Jaga Jarak, Pakai Masker, dan Cuci Tangan

10056
Poster karya Inas yang berhasil meraih juara 1 lomba poster di UNNES

“Semenjak sekolah daring ini, kegiatan keponakan saya hanya bermain di lingkungan sekitar. Saat dia pergi main, ibunya tidak pernah lupa mengingatkan untuk memakai masker dan mencuci tangan. Namun, karena masih anak-anak terkadang sulit untuk dinasihati. Nah, melalui poster ini saya ingin mengajak anak-anak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus,” tutur Inas Rizky Murniawati peraih juara I lomba poster nasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada 6 November 2020.

Ia menambahkan, idenya dalam menggambar poster selain untuk sarana informasi juga menjadi edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak. Poster dengan gambar yang menarik dan berwarna-warni memberikan kesan ceria.

“Di masa pandemi, penting sekali mengedukasi anak-anak dengan cara yang tepat. Poster menjadi salah satu sarana edukasi dan pengenalan pola kebiasaan baru bagi anak,” ujar mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) itu.

Inas sejak lama memiliki hobi menggambar dan melukis sehingga dalam pembuatan poster ini tidak mengalami kendala. “Aku Sehat, Aku Jaga Jarak, Pakai Masker, dan Cuci Tangan” menjadi judul poster yang dapat membawanya menjadi juara di ajang Kemilau PG PAUD Unnes ke-13. Poster menceritakan tentang kehidupan anak di masa pandemi. Digambarkan ada seorang petugas yang memakai alat pelindung diri (APD) tengah melawan virus Covid-19 menjadi gambaran akan kondisi saat ini. Selanjutnya, digambarkan pula anak-anak yang tengah melukis untuk mengisi waktu saat pembelajaran daring, ibu-ibu yang tengah mencuci tangan sehabis dari pasar, dan anak perempuan yang tengah bermain boneka tetapi tetap memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Semoga dengan poster yang saya buat dapat bermanfaat sebagai sarana informasi dan edukasi bagi anak-anak agar terus menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, saya akan terus menghasilkan karya dan tetap produktif di masa pandemi dengan mengikuti berbagai lomba lainnya,” pungkas Inas. (Chk)