Stop Corona, Budayakan Protokol Kesehatan bagi Anak-Anak

38479
Poster karya Nurul Pradisty yang berhasil meraih juara 2 lomba poster di UNNES

Nurul Putri Pradisty, mahasiswi baru (maba) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), melalui poster berjudul “Stop Corona” meraih juara II di ajang Kemilau PG PAUD ke-13 Universitas Negeri Semarang. Kegemarannya dalam menggambar mengantarkan dirinya untuk ikut serta dalam perlombaan poster.

“Saya ada sedikit kendala ketika mendaftar lomba poster, yakni diharuskan melampirkan kartu tanda mahasiswa (KTM), sedangkan saya masih maba dan belum mempunyai KTM. Alhasil atas kebijaksanaan panitia, mereka memperbolehkan mengganti KTM dengan KRS,” ungkap Nurul dengan lega.

Setop corona, pakai masker, mencuci tangan, dan pakai masker, menjadi pesan yang ingin disampaikan bagi anak-anak. Di masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), setiap orang wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harus pintar-pintar menjaga diri dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat di kerumunan. Selain itu, selalu bawa hand sanitizer saat bepergian. Kebiasaan ini sangat penting diterapkan agar menjadi contoh anak-anak sehingga mereka mengerti pentingnya kebersihan di tengah pandemi,” terang Nurul saat menjelaskan isi posternya.

Poster tersebut menggambarkan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 yang tengah menggunakan masker. Penggunaan warna cerah dan perpaduan warna yang menarik membuat poster karya Nurul layak diperhitungkan.

“Saya berharap walaupun masih menjadi maba tetap bisa ikut serta pada perlombaan demi membanggakan kedua orang tua dan UAD. Selain itu, melalui hobi menggambar dapat terus menjadi sarana edukasi bagi anak-anak dalam menerapkan protokol kesehatan,” tutup Nurul di akhir sesi wawancara. (Chk)