Tips Membuat CV dan Kiat Sukses Interview Kerja
Masih dalam rangkaian acara kegiatan Milad Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang ke-28, kali ini meluncurkan agenda baru yaitu Alumni Pulang Kampus, yang salah satu kegiatannya berupa penyelenggaraan workshop “Penyusunan CV dan Kiat Sukses Interview Kerja”. Kegiatan diselenggarakan pada Jumat, 18 Februari 2022, di Ruang Serbaguna lantai 10 Kampus IV UAD dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube resmi FAST UAD.
Wakil Dekan FAST Agung Budiantoro, S.Si., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa membuat Curriculum Vitae (CV) atau resume pribadi itu seperti mem-framing-kan diri, membuat diri kita terlihat bagus. Harapannya, melalui pelatihan ini para mahasiswa dapat lebih mudah di dalam membuat CV yang baik sehingga bisa membuat perusahaan atau tempat yang dituju betul-betul menerima. Selain itu, Agung juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk membangun sikap pribadi dan soft skills yang bagus karena keduanya sama penting.
Workshop kali ini menghadirkan dua pemateri berkompeten yaitu, Mariana Ulfah, S.T., M.Si. yang merupakan Direktur PT Mitra Tata Persada Bidang Media dan Komunikasi dan Unggul Haryanto Nur Utomo, S.Psi., M.Si. Psikolog. yang merupakan dosen Fakultas Psikologi UAD & Soft Skills Trainer.
Dalam pemaparannya, Mariana mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan dan CV. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, ia menyarankan untuk memperhatikan syarat administrasi dengan benar, menulis alasan melamar pekerjaan dengan semenarik mungkin, mencantumkan sifat positif pribadi yang menguntungkan perusahaan, mencantumkan prestasi atau kelebihan, dan yang terpenting isi surat singkat, padat, jelas, serta ramah.
Selanjutnya, dalam membuat CV Mariana menyarankan, “Buatlah orang merasa kenal dan mencintai kamu dari pertama kali membaca CV.” Lebih dari itu, ia memaparkan cara penyusunan serta hal-hal yang perlu di perhatikan untuk membuat CV yang bagus.
Sementara itu, pemateri kedua Unggul Haryanto, membocorkan salah satu rahasia penting dalam wawancara pekerjaan, “Jadi, ketika Anda disodori sebuah kasus saat wawancara, saat itu yang sedang dibaca, yang harus Anda tunjukkan adalah kemampuan untuk memecahkan masalah.”
Unggul juga memaparkan penting untuk memiliki top 10 skills of 2025 yang di antaranya, analytical thinking and innovation, active learning and learning strategies, complex problem-solving, critical thinking and analysis, creativity, originality and initiative, leadership and social influence, technology design and programming, resilience, stress tolerance, and flexibility, reasoning, serta problem-solving and ideation. (eka)