Yusuf Ramadhan Juarai Lomba MTQ Tilawah di Universitas Al-Azhar Indonesia

452

Di masa pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19), Yusuf Ramadhan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Hadis Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), tetap menunjukkan produktivitasnya dengan menjuarai Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) pada ajang Iscounfest 2.0. Acara bergengsi ini diselenggarakan oleh Universitas Al-Azhar Indonesia, dan dilakukan melalui dalam jaringan (daring) pada tanggal 5–10 Januari 2021.

Q.S. An-Nahl ayat 1 menjadi surat yang dibacakan Yusuf dan berhasil mengantarkannya menjadi juara 3 tingkat nasional. “Generation of Nation Empowerment” menjadi tema yang diangkat oleh panitia.

Yusuf Ramadhan raih juara III lomba MTQ di Universitas Al Azhar Indonesia tingkat nasional

“Perlombaan dilakukan secara online dengan mengumpulkan video saat membaca ayat yang telah ditentukan, kemudian dikirimkan kepada panitia,” terang Yusuf saat menjelaskan proses perlombaan di masa pandemi.

Yusuf menambahkan, kepiawaiannya dalam tilawah sudah ada sejak semasa sekolah dasar (SD). “Sejak SD saya sudah mahir dalam seni baca Quran. Selain itu, saya juga mengasah kemampuan tilawah saat di Madrasah Mu’alimin Muhammadiyah Yogyakarta. Selama saya mondok, bakat tilawah saya semakin terasah.”

Selain mengikuti berbagai lomba tilawah seperti MTQ Qowaist, Yusuf juga sering diminta menjadi qari di berbagai kegiatan di UAD. Suaranya yang khas saat membaca Al-Qur’an membuat siapa saja yang mendengarkannya menjadi bergetar hatinya. Berprestasi dan memberikan yang terbaik untuk almamater, merupakan alasan dan harapan Yusuf. (Chk)