• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR

21/11/2021/in Prestasi /by Ard

Alfika Triayuningtiyas Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

Tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang terdiri atas dua anggota, yakni Alfika Triayuningtiyas dan Toriq Afanudin, dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) membuat media pembelajaran matematika bernama GYFTAR. Kepanjangan dari Geometri Form Traditional Food Based on Augmented Reality ini dilatarbelakangi penugasan materi geometri, dan karena minat belajar siswa yang rendah. Selain itu, masih banyak yang menganggap geometri paling sulit untuk dipahami dibandingkan bidang lain di matematika.

Ketika diwawancarai lewat chat WhatsApp, Alfika menjelaskan kalau dirinya dan Toriq mempunyai pandangan sama bahwa saat ini sangat dibutuhkan suatu pengintegrasian pendidikan karakter yang dapat dimuat dalam media. Hal tersebut memiliki tujuan agar selain berfungsi untuk meningkatkan pemahaman konsep, juga memberikan penguatan karakter bagi siswa dalam upaya persiapan mewujudkan generasi emas 2045.

Thoriq Afanudin Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

“Kami menggunakan Augmented Reality (AR) sebagai inovasi media pembelajaran geometri yang selaras dan inventif dengan perkembangan teknologi saat ini. Dalam upaya untuk mengintegrasikan karakter tersebut, kami memadukan teknologi AR dengan budaya yaitu kearifan lokal makanan tradisional di Indonesia yang sekarang mulai ditinggalkan,” imbuhnya, ketika menjelaskan tentang GYFTAR, (17-11-2021).

AR adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. AR juga memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.

Lebih lanjut, Alfika menjelaskan cara kerja media ini. “Proses pembelajarannya, jadi nanti siswa akan terlebih dahulu menyiapkan print barcode sebagai target AR-nya dan siswa diminta mengarahkan kamera smartphone ke arah barcode tersebut untuk memunculkan objek bangun ruang 3D-nya.” (Lrs)

Tags: Berita UAD, Mahasiswa UAD, News UAD, UAD, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Alfika-Triayuningtiyas.jpg 580 430 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2021-11-21 08:00:092021-11-22 09:14:05Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR
You might also like
Ponco: Do Whatever I Want
Tips dan Trik Lolos Pertukaran Mahasiswa Internasional Melalui Program IISMA
Dinamika Perempuan Berkemajuan Mewujudkan Indonesia Berkeadilan
UAD Gelar Pengajian Tahun Baru 1445 Hijriah
Apoteker Spesialis dan Prospeknya dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan
UAD Borong Penghargaan pada Anugerah Diktiristek 2023

TERKINI

  • Pelatihan Publikasi Ilmiah UAD 2025, Menulis Prosiding Semudah Membuat Story WhatsApp03/06/2025
  • Kuliah Umum Seminar Festival Kenduri Sastra #403/06/2025
  • BEM FKM UAD Adakan Seminar Kesehatan Nasional03/06/2025
  • Sharing Session BEM FSBK UAD dan BEM FISIPOL UMY03/06/2025
  • UAD Selenggarakan Pengajian Songsong Iduladha02/06/2025

FEATURE

  • Dari Jahitan ke Jurnal: Transformasi Bisnis Fashion Syar’i Menjadi Karya Ilmiah03/06/2025
  • Bangkitkan Sains dari Dalam Kelas03/06/2025
  • Bijak Berekspresi pada Media Sosial03/06/2025
  • Etika Komunikasi di Era Digital03/06/2025
  • Peran Guru dalam Membangkitkan Sains dari Dalam Kelas03/06/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top