• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR

21/11/2021/in Prestasi /by Ard

Alfika Triayuningtiyas Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

Tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang terdiri atas dua anggota, yakni Alfika Triayuningtiyas dan Toriq Afanudin, dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) membuat media pembelajaran matematika bernama GYFTAR. Kepanjangan dari Geometri Form Traditional Food Based on Augmented Reality ini dilatarbelakangi penugasan materi geometri, dan karena minat belajar siswa yang rendah. Selain itu, masih banyak yang menganggap geometri paling sulit untuk dipahami dibandingkan bidang lain di matematika.

Ketika diwawancarai lewat chat WhatsApp, Alfika menjelaskan kalau dirinya dan Toriq mempunyai pandangan sama bahwa saat ini sangat dibutuhkan suatu pengintegrasian pendidikan karakter yang dapat dimuat dalam media. Hal tersebut memiliki tujuan agar selain berfungsi untuk meningkatkan pemahaman konsep, juga memberikan penguatan karakter bagi siswa dalam upaya persiapan mewujudkan generasi emas 2045.

Thoriq Afanudin Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

ā€œKami menggunakan Augmented Reality (AR) sebagai inovasi media pembelajaran geometri yang selaras dan inventif dengan perkembangan teknologi saat ini. Dalam upaya untuk mengintegrasikan karakter tersebut, kami memadukan teknologi AR dengan budaya yaitu kearifan lokal makanan tradisional di Indonesia yang sekarang mulai ditinggalkan,ā€ imbuhnya, ketika menjelaskan tentang GYFTAR, (17-11-2021).

ARĀ adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secaraĀ real-timeĀ terhadap digitalĀ konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.Ā AR juga memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.

Lebih lanjut, Alfika menjelaskan cara kerja media ini. ā€œProses pembelajarannya, jadi nanti siswa akan terlebih dahulu menyiapkan print barcode sebagai target AR-nya dan siswa diminta mengarahkan kamera smartphone ke arah barcode tersebut untuk memunculkan objek bangun ruang 3D-nya.ā€ (Lrs)

Tags: Berita UAD, Mahasiswa UAD, News UAD, UAD, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Alfika-Triayuningtiyas.jpg 580 430 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2021-11-21 08:00:092021-11-22 09:14:05Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR
You might also like
Dosen Psikologi UAD Raih Peringkat I Anugerah Academic Leader Bidang Sosial Humaniora di LLDikti V
Membangun Komunikator Inspiratif dan Pemimpin Berdampak
Puncak Peringatan Hari Kesiapan Bencana 2025 DIY di UAD
KKN UAD Unit VII B1 Gelar Pelatihan Pembuatan Jahe Bubuk Instan di Krapakan
FK UAD Teken MoU dengan IDI dan PMI
Turunkan Risiko Pencemaran dengan Lilin Aroma Terapi Ramah Lingkungan

TERKINI

  • Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat UAD Sosialisasikan Bahaya Rokok Elektrik03/07/2025
  • Skrining Kesehatan Mental dan Edukasi Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA oleh FKM UAD03/07/2025
  • Mahasiswa UAD Adakan Program Dahlan Muda Menginspirasi di SD Tamanan03/07/2025
  • Mahasiswa KKN UAD Kenalkan Manfaat Kelor bagi Kesehatan03/07/2025
  • Fakultas Hukum UAD Gelar Kuliah Umum, Bahas Advokasi dan Investigasi02/07/2025

FEATURE

  • Memperteguh Jati Diri Mahasiswa03/07/2025
  • Strategi Advokasi dalam Melahirkan Solusi atas Permasalahan Hukum di Masyarakat03/07/2025
  • Fenomena Anomali Brain Rot: Bijak Konsumsi Konten Digital03/07/2025
  • Pentingnya Persatuan Umat dengan Kalender Hijriah Global Tunggal02/07/2025
  • Ijazah Saja Tak Cukup, Begini Strategi Lulusan Baru Hadapi Dunia Kerja01/07/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top