Workshop Storytelling PGSD UAD
Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan workshop storytelling pada Sabtu, 4 Juni 2022. Acara digelar secara daring melalui kanal YouTube PGSD Official. Hadir sebagai pemateri Esti Priyantini, S.S., M.Pd., B.I., yang merupakan Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta.
“Workshop storytelling yang diadakan oleh PGSD bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru Sekolah Dasar (SD). Sebab, keterampilan cerita merupakan salah satu hal penting untuk mahasiswa miliki karena setelah lulus akan menjadi guru SD,” papar Dr. Ika Maryani, S.Pd., M.Pd., selaku dosen PGSD ketika melakukan sambutan.
Dalam pemaparannya, Esti membahas pentingnya bercerita yaitu untuk menghibur, membawa pesan moral, mengajak anak berimajinasi, dan menyentuh perasaan. Setiap rentang umur mempunyai passion sendiri, daya imajinasi, dan memvisualisasi setiap umur berbeda, sehingga rentang umur 2 tahun dalam bercerita dengan durasi 4–6 menit, umur 4 tahun dengan durasi 12 menit, umur 6 tahun dengan durasi 12–18 menit, dan umur 8 tahun dengan durasi 12–24 menit.
Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Brain Valance Center, disebutkan bahwa rentang konsentrasi anak yang ideal adalah 2–3 menit dikali usia mereka. Tema sangat penting dikaitkan dengan usia anak, anak di bawah 7 tahun dalam bercerita tema yang cocok digunakan yaitu kisah binatang yang dapat bersuara dan cerita fantasi, anak usia 7–12 tahun dengan tema cerita rasional, kisah persahabatan dan kisah perjuangan, anak usia 12 tahun ke atas dengan tema tokoh-tokoh yang menginspirasi.
“Kekuatan seorang pendongeng ada di suara, kalau suara aja nggak jelas, pelafalan huruf juga nggak jelas, bagaimana dongeng yang kita sampaikan bisa menarik mereka? Oleh karena itu, seorang pendongeng harus memiliki kekuatan suara dan berlatih terlebih dahulu. Teknik dan gaya bercerita biasanya ada di narasi, dialog, visualisasi, ekspresi, properti, dan ilustrasi,” jelas Esti.
Lebih lanjut, ia menuturkan tentang alur bercerita dimulai dari pengenalan, membuka, membawakan cerita, dan penutup. Pengondisian biasanya dilakukan dengan tepuk-tepuk, ice breaking, atau reward bersyarat. Kegiatan membuka dilakukan dengan pernyataan kesiapan, menentukan tokoh dan visualisasi, musik dan nyanyian, serta ekspresi emosi.
Terakhir, Esti memberikan tips membawakan cerita yaitu menggunakan suara yang terang dan jelas untuk kebutuhan cerita; intonasi yang digunakan pelan, tinggi, keran, sedih, senang, marah; mimik yang digunakan disesuaikan dengan cerita; serta menggunakan gerakan tangan dan kaki. (frd)