Jadi Mahasiswa Tangguh di Era Digital? Begini Caranya
“Marilah kita berpikiran positif, berbicara hal yang positif, memiliki action yang positif, dan memandang kehidupan secara positif. Mengapa demikian? Karena jika kita memandang kehidupan ini secara negatif maka selesai sudah hidupnya. Apa pun yang diberikan dan hal-hal yang ada mari kita berikan yang terbaik, tanpa hal tersebut kita tidak akan mendapatkan sesuatu, dari hal terbaik tersebutlah yang akan menjadikan kita istimewa.”
Kutipan tersebut merupakan salah satu yang disampaikan oleh Mulawarman, Ph.D., seorang dosen Universitas Negeri Semarang pada Seminar Nasional Layanan Konseling Sebaya untuk Pengembangan Mahasiswa Tangguh. Acara itu diselenggarakan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Minggu (23-10-2022).
Mulawarman menyampaikan mengenai strategi mengembangkan ketangguhan mahasiswa di era digital. Saat ini banyak perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga, serta banyak problematik yang sangat kompleks. Perubahan teknologi terhadap perilaku kesehatan mental dapat mengubah gaya hidup, pola pikir, kebutuhan, dan perilaku seseorang (mahasiswa). Lanskap ekses digital pada problem kesehatan mental dapat berupa kekerasan mental dan perundungan, bunuh diri, kecanduan media sosial, perilaku swafoto, kecenderungan batas personal tidak terkendali, social climber, pornografi dan pelecehan sosial, body shaming, gangguan tidur, kecemasan, stres, serta depresi.
“Salah satu karakter mahasiswa tangguh yaitu tetap kuat ketika dikelilingi tekanan yang banyak dan membuat stres. Beberapa komponen yang menandai ketangguhan tersebut adalah tantangan, komitmen, dan kontrol. Komponen tersebut sebagai pemantik atau hal-hal yang memberikan individu sebagai karakter ketangguhan dan saling memengaruhi,” papar Mulawarman.
Lebih lanjut, ia menyampaikan mengenai karakteristik ketangguhan pada individu mahasiswa. Karakteristik mahasiswa yang low hardiness meliputi pesimis, merasa tidak bermakna dalam hidup, gagal atau tidak memiliki tujuan (capaian) untuk diri sendiri, isolasi diri dari lingkungan atau jarang bersosialisasi, tidak yakin atas kemampuan diri, konservatif, dan tidak adaptif atau kaku. Sedangkan karakteristik mahasiswa yang memiliki high hardiness di antaranya optimis, adaptif, merasa percaya diri dan aman ketika berinteraksi dengan orang lain, serta memiliki tujuan pribadi.
Terakhir, Mulawarman menjelaskan tentang strategi pengembangan ketangguhan mahasiswa. Terapkan toleransi tinggi terhadap rasa frustrasi atau kondisi ketidaknyamanan, melihat sesuatu hal dalam sudut pandang yang lebih positif, berani mengambil inisiatif atau peluang dengan percaya diri, dan bersedia menerima juga mengambil konsekuensi logis atas apa pun yang menjadi pilihan tindakan. Selain itu, bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain, bersedia mempelajari keterampilan baru (problem solving life-skills), menjalani proses apa pun sekalipun sakit dan membuka mindset atas perubahan yang terjadi, serta bersedia menerima kritik maupun saran. (frd)