Pembelajaran Pendidikan Vokasi di Era Pandemi
“Pada masa adaptasi kebiasaan baru, peserta didik diperkenankan mengakses laboratorium, bengkel, ataupun studio untuk pelaksanaan praktikum dengan memenuhi protokol kesehatan secara ketat. Untuk pencegahan, kami menghindari ruang yang tertutup, tempat kerumunan, serta situasi berdekatan,” ujar Dr. Ratna Wardani, M.T. dalam .
Prinsip pembelajaran masa transisi di antaranya pendidik memastikan peserta didik sehat fisik dan psikososial sebagai prioritas utama. Sementara itu, cara pembelajaran dilakukan dengan modifikasi target yang sesuai dengan kondisi darurat, memadukan model asinkron dan sinkron dalam pembelajaran jarak jauh, pelibatan orang tua, pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran, serta umpan balik untuk melakukan penyesuaian tujuan dan cara pembelajaran.
“Pendidikan vokasi berfokus pada keterampilan dan pengetahuan di dunia industri. Pembelajarannya bertujuan agar peserta didik mendapatkan pengalaman praktis, siap kerja, pengembangan dan peningkatan kewirausahaan, juga identifikasi pembelajaran digital dalam pendidikan dan pelatihan vokasional,” ungkapnya di YouTube Universitas Ahmad Dahlan.
Selama ini, sudah berjalan pembelajaran digital pendidikan vokasional yang bertujuan meningkatkan kualitas, relevansi program pelatihan, dan magang berbasis kerja. Peningkatan kualitas perlu ditunjang literasi digital yang mumpuni sehingga efektivitas hasil pembelajaran bagus. Ketersediaan infrastruktur teknologi seperti komputer, gawai, perangkat lunak, konektivitas internet, serta dukungan teknis juga harus diperhatikan.
“Praktikum daring dilaksanakan melalui penyampaian materi praktikum yang bersifat tutorial dan demonstrasi dalam bentuk video. Pendidik menyiapkan materi pengantar dalam praktikum mandiri kemudian peserta didik merekam hasil praktikum. Tugas daring dan praktikum diberikan melalui program simulasi,” tutupnya, (25-8-2020). (JM)