CDC UAD Adakan National Job Training 2023
Career Development Center (CDC) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menggelar seminar National Job Training pada Rabu, 1 Februari 2023 sebagai salah satu rangkaian acara Dahlan Muda Expo 2023. “How to Increase Your Self Selling” menjadi tema seminar yang memberikan modal bagi mahasiswa untuk berkompetisi memasuki dunia kerja profesional. Acara ini berlangsung dari pukul 12.30 s.d. 15.00 WIB di Ruang Amphitarium Gedung Utama Kampus IV UAD.
Pekerjaan merupakan sesuatu yang dapat digapai secara instan, tetapi memerlukan usaha yang keras dan modal cukup. Saat ini, mahasiswa atau fresh graduate berlomba-lomba untuk mempunyai banyak modal agar mendapatkan pekerjaan impian. Untuk itu, CDC membawa Ida Ayu Krisna Dewi General Manager Garuda Indonesia Branch Office (BO) Yogyakarta sebagai pembicara seminar.
Ida menerangkan bahwa hal utama untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan mempromosikan diri (self-selling) kepada perusahaan dengan baik menggunakan kemampuan-kemampuan diri (skill), baik hard skill maupun soft skill. Kemampuan diri dapat dilatih dan ditingkatkan melalui berbagai cara. “Meng-upgrade diri dengan cara mempelajari hal baru, menggali potensi diri, menuntut ilmu, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi merupakan jalan menuju kesuksesan karier,” paparnya saat diskusi 2 arah bersama peserta seminar.
Dalam seminar ini, Ida juga mendorong mahasiswa untuk percaya diri melamar pekerjaan di perusahaan mana pun. Ia meyakinkan para peserta bahwa setiap orang mempunyai kesempatan dan potensi untuk memiliki karier cerah di masa depan dengan membagikan pengalamannya selama 30 tahun bekerja di Garuda Indonesia. “Saya merupakan seorang lulusan SMA yang memulai karier saya menjadi seorang pramugari dulu hingga menjadi general manager saat ini. Semua orang memiliki peluang yang sama untuk berkarier apa pun latar belakang pendidikannya,” ceritanya.
Modal lain self-selling yang penting yaitu melayani setulus hati (service oriented), menerapkan keterampilan 4C (communication, creative, collaboration, dan critical thinking), serta etika 6S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, dan semangat). Terakhir, Ida berpesan kepada para peserta untuk bekerja dengan ikhlas, disiplin, dan konsisten. (Sin)