• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR

21/11/2021/in Prestasi /by Ard

Alfika Triayuningtiyas Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

Tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang terdiri atas dua anggota, yakni Alfika Triayuningtiyas dan Toriq Afanudin, dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) membuat media pembelajaran matematika bernama GYFTAR. Kepanjangan dari Geometri Form Traditional Food Based on Augmented Reality ini dilatarbelakangi penugasan materi geometri, dan karena minat belajar siswa yang rendah. Selain itu, masih banyak yang menganggap geometri paling sulit untuk dipahami dibandingkan bidang lain di matematika.

Ketika diwawancarai lewat chat WhatsApp, Alfika menjelaskan kalau dirinya dan Toriq mempunyai pandangan sama bahwa saat ini sangat dibutuhkan suatu pengintegrasian pendidikan karakter yang dapat dimuat dalam media. Hal tersebut memiliki tujuan agar selain berfungsi untuk meningkatkan pemahaman konsep, juga memberikan penguatan karakter bagi siswa dalam upaya persiapan mewujudkan generasi emas 2045.

Thoriq Afanudin Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

ā€œKami menggunakan Augmented Reality (AR) sebagai inovasi media pembelajaran geometri yang selaras dan inventif dengan perkembangan teknologi saat ini. Dalam upaya untuk mengintegrasikan karakter tersebut, kami memadukan teknologi AR dengan budaya yaitu kearifan lokal makanan tradisional di Indonesia yang sekarang mulai ditinggalkan,ā€ imbuhnya, ketika menjelaskan tentang GYFTAR, (17-11-2021).

ARĀ adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secaraĀ real-timeĀ terhadap digitalĀ konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.Ā AR juga memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.

Lebih lanjut, Alfika menjelaskan cara kerja media ini. ā€œProses pembelajarannya, jadi nanti siswa akan terlebih dahulu menyiapkan print barcode sebagai target AR-nya dan siswa diminta mengarahkan kamera smartphone ke arah barcode tersebut untuk memunculkan objek bangun ruang 3D-nya.ā€ (Lrs)

Tags: Berita UAD, Mahasiswa UAD, News UAD, UAD, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Alfika-Triayuningtiyas.jpg 580 430 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2021-11-21 08:00:092021-11-22 09:14:05Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR
You might also like
Digitalisasi Hadis Melalui Maktabah Syamilah
Pendidikan Matematika UAD dan UMT Gelar Seminar Bersama
Tim PkM UAD Sosialisasikan Budi Daya dan Pengolahan Singkong
Membangun Religiusitas yang Mencerahkan di Era Disrupsi
Dahlan Muda Expo #5 Tampilkan Inovasi Mahasiswa Nasional
Cegah PMK, KKN UAD Bantu Penyemprotan Desinfektan

TERKINI

  • BEM FH UAD Adakan Program ā€œDikabarinā€31/05/2025
  • BHP UAD Adakan Pelatihan Fotografi Bersama Canon Indonesia31/05/2025
  • Bidang Humas dan Protokol UAD Selenggarakan Upgrading Student Support31/05/2025
  • UAD Raih Penghargaan LPTK Terbaik dalam Penyelenggaraan PPG 202431/05/2025
  • UAD Pertahankan Peringkat Pertama PTS Nasional Penerima Hibah Penelitian Kemendiktisaintek 202531/05/2025

FEATURE

  • Perjalanan Hanifia Merawat Cinta Al-Qur’an31/05/2025
  • Cerita Inspiratif Rino, Meniti Karier dan Perjalanan Melawan Burnout31/05/2025
  • Peran Matematika dan Sains Dalam Teknologi31/05/2025
  • Alya: UKM Karate Mendukung Pengembangan Diri Saya31/05/2025
  • Danang, Apoteker UAD dengan 21 Publikasi Ilmiah, 8 Terindeks Scopus24/05/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top