• TERKINI
  • UAD BERDAMPAK
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR

21/11/2021/in Prestasi /by Ard

Alfika Triayuningtiyas Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

Tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang terdiri atas dua anggota, yakni Alfika Triayuningtiyas dan Toriq Afanudin, dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) membuat media pembelajaran matematika bernama GYFTAR. Kepanjangan dari Geometri Form Traditional Food Based on Augmented Reality ini dilatarbelakangi penugasan materi geometri, dan karena minat belajar siswa yang rendah. Selain itu, masih banyak yang menganggap geometri paling sulit untuk dipahami dibandingkan bidang lain di matematika.

Ketika diwawancarai lewat chat WhatsApp, Alfika menjelaskan kalau dirinya dan Toriq mempunyai pandangan sama bahwa saat ini sangat dibutuhkan suatu pengintegrasian pendidikan karakter yang dapat dimuat dalam media. Hal tersebut memiliki tujuan agar selain berfungsi untuk meningkatkan pemahaman konsep, juga memberikan penguatan karakter bagi siswa dalam upaya persiapan mewujudkan generasi emas 2045.

Thoriq Afanudin Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merancang GYFTAR (Foto: Istimewa)

ā€œKami menggunakan Augmented Reality (AR) sebagai inovasi media pembelajaran geometri yang selaras dan inventif dengan perkembangan teknologi saat ini. Dalam upaya untuk mengintegrasikan karakter tersebut, kami memadukan teknologi AR dengan budaya yaitu kearifan lokal makanan tradisional di Indonesia yang sekarang mulai ditinggalkan,ā€ imbuhnya, ketika menjelaskan tentang GYFTAR, (17-11-2021).

ARĀ adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secaraĀ real-timeĀ terhadap digitalĀ konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.Ā AR juga memperbolehkan pengguna melihat objek maya 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.

Lebih lanjut, Alfika menjelaskan cara kerja media ini. ā€œProses pembelajarannya, jadi nanti siswa akan terlebih dahulu menyiapkan print barcode sebagai target AR-nya dan siswa diminta mengarahkan kamera smartphone ke arah barcode tersebut untuk memunculkan objek bangun ruang 3D-nya.ā€ (Lrs)

Tags: Berita UAD, Mahasiswa UAD, News UAD, UAD, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Alfika-Triayuningtiyas.jpg 580 430 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2021-11-21 08:00:092021-11-22 09:14:05Mahasiswa UAD Rancang Media Pembelajaran GYFTAR
You might also like
Mahasiswa Teknik Kimia UAD Raih Silver dan Bronze Medal di Mandalika Essay Competition 2025
FEB UAD Inisiasi Kerja Sama Strategis guna Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Mahasiswa FK UAD Raih Juara 3 Nasional Solo Pop Porseni 2025
Pasca Covid-19, Prodi Manajemen UAD Aktifkan Lagi Pertukaran Mahasiswa Internasional
Dapur Rakyat: Kepedulian Mahasiswa FAI UAD kepada Masyarakat
Fakultas Hukum UAD Jalin Kerja Sama dengan FHP Law School

TERKINI

  • Hari Prodi P2K UAD 2025: Makin Dekat, Makin Akrab18/09/2025
  • Mahasiswa UAD Siap Berkompetisi, Wakili DIY di POMNAS 202518/09/2025
  • KKN UAD Sosialisasikan Pembuatan Ekoenzim18/09/2025
  • PLP-KKN UAD dan SMA Negeri 1 Piyungan Wujudkan Kebun Hidroponik Paralon18/09/2025
  • Mimpi Besar Naura, Mahasiswa Baru Termuda UAD17/09/2025

FEATURE

  • Mahkamah Konstitusi sebagai Pelaku Kekuasaan Kehakiman dalam Melindungi Hak Asasi Manusia08/09/2025
  • Konseling Harapan bagi Keluarga dan Remaja05/09/2025
  • Potensi Minyak Atsiri Bunga Cengkeh untuk Obat Antiinflamasi04/09/2025
  • Psikologi Komunitas Kelompok Rentan03/09/2025
  • Konsep Strategi Ilmiah dalam Pengelolaan Sampah DIY03/09/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top