• TERKINI
  • PRESTASI
  • FEATURE
  • OPINI
  • MEDIA
  • KIRIM BERITA
  • Menu
News Portal of Universitas Ahmad Dahlan

Humas sebagai Branding Institusi

29/10/2022/in Terkini /by Ard

Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah(PTMA) Batch 3 (Foto: Istimewa)

“Jurnalisme dan kehumasan adalah dua hal yang bersinggungan, keduanya memiliki persamaan dan perbedaan.”

Hal tersebut dipaparkan oleh Hendrawan Setiawan, seorang jurnalis senior dari CNN Indonesia, saat didapuk untuk menjadi narasumber dalam Workshop Pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) di Hotel Grand Rohan Yogyakarta (27‒30 Oktober 2022).

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan bahwa persamaan antara jurnalisme dan kehumasan terletak pada poin di mana mereka sama-sama mengomunikasikan dan mendokumentasikan informasi. Sementara untuk perbedaannya, jurnalisme mendahulukan kepentingan publik, sedangkan humas mendahulukan kepentingan institusi.

Dalam pelaksanaan tugasnya, humas tentu memerlukan media sebagai penyebar informasi. Terdapat dua jenis media yang patut digunakan sesuai dengan urgensinya. Pertama adalah media sosial, cocok untuk digunakan sebagai media informasi internal lembaga dan sekaligus untuk branding. Kedua adalah media massa, cocok untuk digunakan sebagai publikasi informasi karena luas cakupannya dengan platform media yang lebih kredibel.

Terdapat beberapa topik seputar informasi kampus yang disukai oleh media, antara lain adalah peristiwa, penemuan, dan human interest. Di samping itu, ada juga topik-topik yang tetap bisa dibagikan ke media seperti seminar, ujian doktoral, orientasi mahasiswa baru, acara di kampus, dan lain-lain. Sebagai trik khusus, bisa juga memanfaatkan media “pemalas” yang tersebar dalam bentuk jaringan media di daerah-daerah. Mereka biasanya disebut sebagai nano influencer.

Terakhir, dalam mengelola relasi dengan media, terdapat beberapa poin yang perlu digarisbawahi. Pertama adalah pastikan untuk memberi akses, lalu, jawab semua keingintahuan, bila tidak atau belum ada jawaban terkait sesuatu yang dipertanyakan, maka berilah respons dengan elegan. Tidak kalah penting juga untuk selalu cepat tanggap dalam suatu hal. (tsa)

uad.ac.id

Tags: Berita UAD, Dosen, Mahasiswa UAD, Muhammadiyah, News UAD, UAD, UAD Jogja, UAD Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, WeAreUAD
https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/Workshop-Pengembangan-Humas-Perguruan-Tinggi-Muhammadiyah-dan-AisyiyahPTMA-Batch-3-Foto-Istimewa-1-scaled.jpg 1440 2560 Ard https://news.uad.ac.id/wp-content/uploads/logo-news-uad-2.png Ard2022-10-29 06:44:492022-10-29 06:44:49Humas sebagai Branding Institusi
You might also like
Apakah Ada Batasan Aurat Perempuan?
Mahasiswa KKN UAD Ciptakan Situs Web Resmi untuk Dusun Cremo
Peluang dan Tantangan Kerja Lulusan Keguruan di Era Digital
Tebar Dampak Positif, KKN UAD Lakukan Sejumlah Program Pemberdayaan dan Pembinaan
UAD Kembangkan Wisata Telaga Kemuning Gunungkidul
Catatkan Kerja Sama Terbanyak di LLDikti Wilayah V, UAD Perlu Eskalasi MoA dan IA

PRESTASI

  • Mahasiswa FKM UAD Raih Juara I Lomba Futsal STPN 2025 Se-DIY31/05/2025
  • Inovasi Tim Jelantina Raih Juara 3 Lomba Poster26/05/2025
  • Mahasiswi UAD Raih Gold Medal dan Penghargaan Khusus di Ajang Internasional26/05/2025
  • Tim Bouqet Snack PBSI PPG UAD Juara 1 Lomba Video dalam Gelar Karya 202526/05/2025
  • Tim Arabian PPG PGSD UAD Juara 2 Lomba Poster dalam Gelar Karya 202524/05/2025

FEATURE

  • Perjalanan Hanifia Merawat Cinta Al-Qur’an31/05/2025
  • Cerita Inspiratif Rino, Meniti Karier dan Perjalanan Melawan Burnout31/05/2025
  • Peran Matematika dan Sains Dalam Teknologi31/05/2025
  • Alya: UKM Karate Mendukung Pengembangan Diri Saya31/05/2025
  • Danang, Apoteker UAD dengan 21 Publikasi Ilmiah, 8 Terindeks Scopus24/05/2025

TENTANG | KRU | KONTAK | REKAPITULASI

Scroll to top